Unduh Aplikasi

Kadis ESDM Serahkan Masker Program Gemas kepada Bupati Aceh Barat

Kadis ESDM Serahkan Masker Program Gemas kepada Bupati Aceh Barat
Foto: Ist

BANDA ACEH - Pemerintah Aceh menyalurkan ribuan masker kepada Pemerintah Aceh Barat, Selasa (1/12). 

Penyerahan itu dilakukan oleh Kepala Dinas Energi dan  Sumber Daya Mineral (ESDM) Aceh, Mahdinur mewakili Gubernur Aceh Ir Nova Iriansyah, yang diterima langsung oleh Bupati Aceh Barat, Ramli MS. 

Masker tersebut akan dibagikan untuk 210 Sekolah Dasar, 57 SMP, 57 Madrasah yaitu 35 MI, 15 MTs dan 7 MA dan kewenangan Pemerintah Aceh 35 sekolah, yaitu 21 SMA, 11 SMK, dan 3 SLB se-Kabupaten Aceh Barat. 

Mahdinur membaca sambutan Gubernur Aceh, Nova Iriansyah menyampaikan ancaman penyebaran virus corona atau Covid-19 sampai sekarang masih ada. 

Meski secara medis penanganan infeksi Covid-19 di Aceh sudah berjalan cukup baik, namun tidak boleh lengah, sebab dari hari ke hari warga Aceh yang terinfeksi virus ini masih terus bertambah. 

"Sosialisasi tentang Protokol kesehatan harus terus kita tingkatkan.Langkah ini sangat penting, sebab pandemi Covid-19 tidak hanya berdampak pada sektor kesehatan, tapi juga mengganggu sektor-sektor lainnya," kata Mahdinur. 

Itu sebabnya Pemerintah Aceh menjalankan banyak program guna mengantisipasi dampak virus ini. Antara lain, telah menjalankan Gerakan Aceh Mandiri Pangan atau GAMPANG untuk mengantisipasi dampak Covid-19 terhadap ketersediaan bahan pangan di Aceh. 

Lalu ada Gerakan Gebrak Masker Aceh atau GEMA yang tujuannya untuk mensosialisasikan pentingnya penggunaan masker untuk melindungi masyarakat dari ancaman Covid-19.  

Berikutnya menyusul Gerakan Nakes Cegah COVID-19 atau GENCAR yang fokus untuk mendukung sistem kerja tenaga kesehatan dalam pemulihan dan penanganan pasien Covid-19.  

"Alhamdulillah, semua gerakan ini telah memberi hasil menggembirakan, tentunya atas dukungan Bapak Bupati Aceh Barat, Bapak Kapolres, Bapak Dandim dan Jajarannya," kata Kadis ESDM Aceh.

Selain itu, ia juga menyebutkan memasuki bulan November ini, penambahan jumlah pasien positif Covid-19 di Aceh terus berkurang. 

"Meski demikian, kita tidak boleh berpuas diri. Terobosan baru harus kita lakukan untuk bisa menekan dampak COVID hingga ke titik terendah," ujarnya. 

"Salah satu terobosan itu adalah menjalankan Gerakan Masker Sekolah atau Gemas," tambah Mahdinur.

Untuk diketahui, Gemas ini akan menyasar dunia pendidikan, khususnya pelajar dan guru di seluruh Aceh. Apalagi direncanakan sistem belajar tatap muka akan dimulai Januari mendatang. 

Adapun tujuan Gemas ini untuk Pembelajaran tentang Pencegahan COVID-19 melalui Wali Kelas dengan modul yang sama. Praktek Penggunaan Masker kepada siswa/i oleh Wali Kelas,yang keduanya sudah dilakukan sosialisasi dan pembekalan pada tanggal 23-24 November 2020 kepada seluruh kepala sekolah dan guru, melalui Vicon 7 angkatan.  

Program Gemas, bilang Mahdinur, akan  menyasar 6.783 sekolah dan 39.389 rombongan belajar (rombel) dan sebanyak 117.712  guru dilibatkan dalam program ini untuk memastikan bahwa 1.081.174 peserta didik di Aceh selalu memakai masker dengan benar.

Komentar

Loading...