Unduh Aplikasi

Kadis Budparpora Abdya jadi tersangka kasus korupsi

ACEH BARAT DAYA - Setelah beberapa kali melakukan pemeriksaan, akhirnya Tim Penyidik Kejaksaan Negeri (Kajari) Blangpidie, menetapkan kepala Dinas Budaya Pariwisata dan Pemuda Olah Raga (Budparpora) Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) sebagai tersangka kasus dugaan korupsi dana Pekan Kebudayaan Aceh (PKA) -ke –VI senilai 1, 3 milyaran pada tahun 2013 lalu.

Pelaku yang saat ini masih menjabat kepala Dinas Budparpora Abdya melakukan konspirasi jahat dengan memasukkan anggaran pelaksanaan PKA senilai Rp. 1,3 milyar ke nomor rekening pribadinya serta penyimpangan pertangungjawaban. Atas perbuatannya, kerugian negara ditaksir mencapai Rp. 1,3 milyar.

Kepala Kejaksaan Negeri Blangpidie, Umar Z melalui Kasi Pidsus Adenan Sitepu, SH kepada AJNN Kamis ( 13/11) menyebutkan, tim penyelidik sudah sepakat kasus PKA 2013 lalu dinaikkan ke tingkat penyidikan dengan tersangka AHN yang merupakan kepala Dinas Budparpora Abdya.

“Kasus dana PKA tahun 2013 itu sudah kita ekpos pada tanggal 11 November kemarin, dari status penyelidikan dinaikan ke tingkat penyidik dengan tersangka Kadis Budparpora,”ungkap Adenan Sitepu

Lebih lanjut Adenan Sitepu menyebutkan, modus yang dilakukan dalam kasus ini dari dugaan penyimpangan pertangungjawaban, hingga proses penarikan uang PKA senilai Rp. 1,3 milyar yang dimasukan ke nomor rekening pribadi.

“Uang PKA itu ditarik pada tanggal 4 September 2013, sementara pada tanggal 6 September dana tersebut dimasukkan ke nomor rekening pribadi ASN. Sedangkan dalam pertangungjawabannya, diduga pengunaannya tidak sesuai seperti dalam DPA,” jelas Kasi Pidsus.

SUPRIAN
Iklan Kriyad

Komentar

Loading...