Unduh Aplikasi

Kadinsos Aceh: Data Penerima Bantuan Dampak Corona Usulan Kab/Kota

Kadinsos Aceh: Data Penerima Bantuan Dampak Corona Usulan Kab/Kota
Kepala Dinas Sosial Aceh, Alhudri. Foto: For AJNN

BANDA ACEH - Dinas Sosial Aceh terus menyalurkan bantuan kepada warga terdampak sosial dan ekonomi dari wabah virus corona di seluruh Aceh. Penyerahan secara simbolis sudah dilakukan oleh Plt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah di halaman Kantor Dinas Sosial Aceh, Kamis (9/4) lalu.

Bantuan ini disalurkan antara lain kepada nelayan, petani, peternak, pedagang keliling, UMKM, IKM, buruh harian lepas, buruh bangunan, tukang ojek dan sejenisnya. Pasalnya dalam masa darurat corona ini, banyak kegiatan usaha masyarakat yang terpaksa ditutup.

Adapun jumlah penerima bantuan di seluruh Aceh mencapai 61.584 kepala keluarga (KK). Dimana jumlah tersebut masih bersifat sementara karena di luar penerima manfaat Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) dari Kementerian Sosial.

Kepala Dinas Sosial Aceh Alhudri mengungkapkan data penerima bantuan tersebut merupakan hasil verifikasi yang dilakukan oleh kabupaten/kota. Artinya seluruh data penerima merupakan tanggung jawab pemerintah kab/kota.

"Kab/kota yang verifikasi penerima bantuan ini, dana bantuan ini diambil dari biaya tidak terduga (BTT) penanganan bencana Pemerintah Aceh," kata Alhudri kepada AJNN, Kamis (16/4).

Untuk tahap awal, kata Alhudri, bantuan ini diberikan dalam bentuk sembako, yang diserahkan kepada bupati/wali kota dan selanjutnya untuk dibagikan kepada masyarakat sesuai dengan data yang sudah diserahkan.

"Bantuan disalurkan dalam beberapa tahap dengan menyesuaikan data penerima masing-masing kabupaten/kota. Data penerima ada SK bupati/wali kota juga, melalui data itu kami menyalurkan bantuan. Ada beberapa daerah masih kuning, artinya data masuk belum habis, kalau yang sudah hijau artinya sudah selesai dan selanjutnya akan disalurkan bantuan ini," ujarnya.

Alhudri mengatakan bantuan selanjutnya akan disalurkan dalam bentuk tunai yang langsung dikirim ke rekening penerima. Sehingga, masyarakat selaku penerima bisa membelanjakan uang tersebut sesuai dengan kebutuhan.

"Besaran berapa per KK itu masih dibahas, kami juga sudah minta kepada kab/kota agar setiap penerima yang belum ada rekening agar segera membuat buku rekening," jelasnya.

Plt Gubernur Aceh, kata Alhudri, sudah sejak awal meminta agar bantuan yang disalurkan harus tepat sasaran. Bahkan, data penerima sesuai dengan usulan dari pemerintah kab/kota harus benar-benar diseleksi agar tidak terjadi penyimpangan dalam penyaluran.

"Bapak Plt Gubernur sangat fokus terhadap bantuan yang disalurkan ini, dan harus benar-benar tepat sasaran, jangan sampai ada masyarakat Aceh yang kelaparan gara-gara corona, makanya datanya benar-benar kami teliti," ujarnya.

Komentar

Loading...