Unduh Aplikasi

Kacabdin Sabang: Covid Mengharuskan Guru Beradaptasi dengan Sistem Daring

Kacabdin Sabang: Covid Mengharuskan Guru Beradaptasi dengan Sistem Daring
Foto: Ist

PIDIE - Pandemi Covid-19 mengharuskan para guru beradaptasi dengan sistem pembelajaran berbasis teknologi, namun disisi lain tentunya masih banyak kekurangan dari pembelajaran online (daring) kerena tidak semua informasi tersampaikan dengan baik kepada siswa. 

"Hari ini sistem pembelajaran online dengan menggunakan berbagai aplikasi internet tentu saja masih banyak kekurangan-kekurangan. Tidak semua informasi yang disampaikan guru kepada siswa akan tersampaikan dengan baik dengan mengggunkan media pembelajaran," kata Kepala Dinas Pendidikan Rachmat Fitri HD melalui Kepala Cabang Dinas (Cabdin) Wilayah Sabang Abdul Hamid kepada AJNN.

Pembelajaran itu, jelas Hamid, akan tersampaikan dengan baik apabila guru berhadapan dengan siswa (tatap muka) saat proses belajar mengajar berlangsung. Ini tentunya sebuah kesedihan yang dirasakan saat ini. 

"Kita berharap Pandemi Covid-19 akan cepat berlalu sehingga proses belajar mengajar tatap muka antara guru dengan siswa dapat dilaksanakan lagi seperti biasa. Siswa dapat dapat bertanya langsung kepada gurunya tanpa mengunakan aplikasi internet sebagai media pembelajaran," cetusnya. 

Dalam tiga pekan ini, sekolah tingkat Sekolah Menengah Atas/Kejuruan (SMA/K) di Kota Sabang masih menerapkan sistem pembelajaran during yaitu dengan menggunakan aplikasi WhatApps. Sekolah-sekolah membuat grup dengan siswa kelasnya masing-masing. 

Guru menyiapkan meteri pembelajaran untuk disampaikan kepada siswa melalui grup WA. Selain itu guru-guru juga mencari aplikasi Youtube yang sesuai materi pelajaran yang nantinya Youtube tersebut akan dikirim kepada siswa-siswa untuk bahan pembelajaran.

"Setelah mengevaluasi, grup WA kelas yang digunakan sebagai media pembelajaran tidak efektif, maka kita akan melakukan terobosan-terobosan baru yang nanti guru-guru akan membuat grup WA mata pelajaran," kata Hamid

Komentar

Loading...