Unduh Aplikasi

Kacabdin Pidie: Dari Segi Pendidikan Covid-19 Adalah Cobaan Allah bagi Wali Murid

Kacabdin Pidie: Dari Segi Pendidikan Covid-19 Adalah Cobaan Allah bagi Wali Murid
Kepala Cabang Dinas Pendidikan Aceh Wilayah Pidie, Muslim Mahmud. Foto: sinarpidie.co

PIDIE JAYA - Prinsip kehidupan ditengah pandemi Covid-19 adalah pemerintah mengutamakan keselamatan dan kenyamanan masyarakat.

Hal itu dikatakan Kepala Dinas Pendidikan Aceh Cabang Pidie/Pidie Jaya, Muslim Mahmud kepada AJNN, Jumat (2/10).

“Pemerintah wajib mengutamakan kenyamanan dan keselamatan masyarakat ditengah pandemi Covid-19. Ditengah pandemi ini tidak ditanya prestasi, yang utama adalah keselamatan masyarakat,” kata Muslim.

Menurutnya, proses belajar mengajar di Pidie Jaya seharusnya dilakukan secara jarak jauh atau atau during (online), sebab Keputusan Bersama 4 Menteri melarang belajar tatap muka pada wilayah zona orange dan zona merah.

Sebagaimana diketahui, Kabupaten Pidie Jaya saat ini sudah ditetapkan dari zona orange menjadi wilayah zona merah penyebaran virus corona atau Covid-19.

“Seharusnya Pidie Jaya melakukan during, dan kami sudah memberitahukan ke sekolah, kalau merasa tidak nyaman dan mengancam keselamatan, silahkan melakukan during, secara pribadi (sekolah) boleh melakukan daring itu, jika itu (virus) mengancam sekolah. Kalau terkena (virus) warga sekolah (siswa dan guru) mudah tersebar,” imbuhnya.

“Seharusnya Tim Gugus Pidie Jaya mengikuti SKB 4 Menteri, jangan selalu berbicara tidak efektif during. Apakah dengan masa Covid ini akan efektif belajar tatap muka, kan tidak juga,” tambahnya dengan nada bertanya.

Terlepas dari itu semua, Muslim menilai pandemi Covid-19 ini dari segi pendidikan adalah termasuk ujian dari Yang Maha Kuasa kepada orang tua atau wali murid. 

“Dulu ada yang menghujat guru, sekarang Allah menguji orang tua untuk menjadi guru ditengah pandemi ini. Ini juga termasuk cobaan dari Allah terhadap orang tua (wali murid),” sebut Muslim.

“Jadi untuk kita semua jangan saling menyalahkan, mari kita cari solusi terbaik,” pungkasnya.

Komentar

Loading...