Unduh Aplikasi

Kabut Asap Semakin Pekat, Sekolah di Aceh Barat Diliburkan

Kabut Asap Semakin Pekat, Sekolah di Aceh Barat Diliburkan
ACEH BARAT - Akibat kabut asap yang semakin mengkwatirkan, Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) Blang Balee Kecamatan Samatiga terpaksa diliburkan.

Karena dikwatirkan berakibat fatal pada kesehatan siswa jika proses belajar-mengajar di sekolah itu dilanjutkan.

Wakil bidang Kesiswaan Kurikulum MTsN Blang Balee, Nurul, kepada wartawan, mengatakan diliburkannya sekolah pada Kamis, (4/8) akibat kabut asap di lingkungan sekolah semakit pekat.

“Kabut semakin pekat, bahkan tadi siswa kami ada puluhan yang terpaksa dilarikan ke puskesmas dan dua diantara harus dirawat, karena mengalami sesak nafas dibarengi pusing dan mual,” kata Nurul.

Nurul menambahkan, bukan hanya siswa saja yang mengalami sesak nafas disertai pusing dan mual namun ada juga dialami salah satu guru di sekolah itu, tetapi tidak dilarikan ke Puskesmas.

Menurutnya, apabila besok kabut asap yang melanda sekolah tersebut masih pekat maka pihaknya akan kembali berkoordinasi dengan Kantor Kementrian Agama (Kemenag) Aceh Barat terkait aktifitas belajar mengajar.

Namun, kata dia, besok seluruh siswa yang datang ke sekolah besok diwajibkan menggunakan masker untuk menghindari terserangnya inspeksi saluran pernapasan (inspa) akibat terhirup kabut asap.

“Kalau untuk kita liburkan atau tidak sekolah besok tergantung dari situasi jika kabut asap tetap pekat seperti hari ini maka kita koordinasi dulu dengan kantor Kemenag. Yang jelas besok siswa kita minta pakai masker,” kata dia.

Nurul berharap Pemerintah Kabupaten Aceh Barat dapat segera mengatasi kebakaran lahan gambut yang terjadi di Aceh Barat, sehingga bencana kabut asap dapat segera mereda di Kabupaten berjuluk Bumoe Teuku Umar.

Komentar

Loading...