Unduh Aplikasi

Kabut Asap Mulai Kepung Aceh Jaya, Pemkab Bagikan Masker untuk Pengguna Jalan

Kabut Asap Mulai Kepung Aceh Jaya, Pemkab Bagikan Masker untuk Pengguna Jalan
Bupati Aceh Jaya, H. T. Irfan TB bersama Sekda Aceh Jaya, H. Mustafa sedang memasang masker untuk pengguna jalan raya. Foto: AJNN.Net/Suar

ACEH JAYA - Kabut asap efek kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Sumatera kini mulai terlihat di Aceh Jaya. Bahkan kabut asap sudah sangat terasa serta menggangu jarak pandang.

Untuk mengantisipasi sejak dini, Pemkab Aceh Jaya mulai membagikan masker secara gratis untuk pengguna jalan raya di lintas Banda Aceh - Melaboh yang berlansung di Simpang Saleum Teuka, Desa Keutapang, Kecamatan Krueng Sabee, Aceh Jaya, Selasa (24/9).

"Iya, kami bagikan masker kepada masyarakat hari ini sebagai bentuk upaya mengantisipasi atas kemungkinan dampak dari karhutla dari wilayah Sumatera," kata Bupati Aceh Jaya T.Irfan TB kepada AJNN.

Menurut Irfan, kabut asap dampak dari Karhutla dari luar Aceh tersebut sudah mulai terlihat di Aceh Jaya sejak hari minggu lalu dan mulai terasa dan terlihat jelas sejak kemarin.

Sementara itu, untuk mangantisipasi hal yang terburuk pihaknya sudah menyiapkan stok masker sebanyak 28 ribu di Dinkes Aceh Jaya dan sebanyak 5 ribu dari BPBK Aceh Jaya.

"Itu antisipasi awal, namun jika kabut asap semakin parah nanti kami akan berkoordinasi dengan pihak provinsi serta akan menyiagakan posko medis disejumlah titik serta akan mengintruksikan pusat pelayanan kesehatan baik di rumah sakit maupun puskesmas untuk terus siap siaga atas segala kemungkinan dampak dari kabut asap ini," terang Irfan TB.

Selain di pusat Kota Calang, pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan seluruh Camat di Aceh Jaya untuk terus memantau perkembangan kabut asap kiriman serta membagikan masker untuk warga atau pengguna jalan yang membutuhkannya.

"Untuk hari ini kami sudah siapkan masker sebanyak dua ribu untuk dibagikan ke pengguna jalan," pungkas Irfan.

Komentar

Loading...