Unduh Aplikasi

Kabut Asap Makin Pekat di Lhokseumawe dan Aceh Utara

Kabut Asap Makin Pekat di Lhokseumawe dan Aceh Utara
Petugas gabungan TNI-Polri dan Dinas Kesehatan bagi Masker gratis di Lhokseumawe. AJNN.Net/Sarina

LHOKSEUMAWE - Kabut asap terlihat semakin pekat melanda Kota Lhokseumawe dan Aceh Utara. Jarak pandang sendiri diperkirakan sekitar 700 meter hingga 800 meter.

Prakirawan BMKG Malikussaleh Lhokseumawe, Febryanto Simanjuntak mengatakan, apabila dilihat dari peta sebaran asap yang dikeluarkan BMKG Pusat Jakarta, maka dapat dilihat beberapa kabupaten/kota di propinsi ujung Sumatera ini antara lain Aceh Singkil, Aceh Tengah, Aceh Tamiang dan Aceh Timur, Aceh Utara dan Lhokseumawe.

“Asap ini dapat kami pastikan bukan dari Riau, tapi dari beberapa provinsi di Sumatera yang masih dilanda bencana kebakaran hutan dan lahan,” katanya, Senin (23/9).

Dandim 0103 Aceh Utara, Letkol Inf Agung Sukoco melalui Danramil 16 Banda Sakti, Kapten Inf Roni Mahendra mengatakan, untuk membantu masyarakat dalam hal menjaga kesehatan lingkungan, pihaknya berkerjasama dengan Polsek Banda Sakti dan Dinas Kesehatan Kota Lhokseumawe melakukan pembagian gratis kepada masyarakat.

“Hal ini karena kami melihat cuaca yang kurang baik dan kondisi kabut asap yang semakin pekat di Lhokseumawe. Sementara jumlah masker yang dibagi yakni tujuh ribu lebih lembar masker kepada pengendara di Lhokseumawe,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Tata Usaha, Bandara Sultan Malikussaleh, Aceh Utara, Niswan menyebutkan, untuk penerbangan sendiri pihaknya sejauh ini belum menerima pembatalan dari pihak maskapai.

“Karena jadwal penerbangan nanti siang, jadi sejauh ini belum kita ketahui dibatalkan atau tidak, sementara jarak pandang kita lihat saat ini sekitar 700 meter hingga 800 meter,” imbuhnya.

Komentar

Loading...