Unduh Aplikasi

Kabut Asap Kembali Landa Aceh Barat

ACEH BARAT- Kabut asap kembali melanda Kabupaten Aceh Barat dan Nagan Raya, kabut itu diduga kiriman provinsi Riau yang terjadi akibat pembakaran lahan gambut milik perusahaan di wilayah itu.

Seorang warga Aceh Barat,Rahmat Ozer(24 tahun) mengatakan akibat kabut asap tersebut jarak pandang terbatas dan membuat mata terasa perih.

"Saya berharap pemerintah Aceh Barat melakukan antisipasi kepada warga,agar tidak terkena penyakit inspa dengan cara membagi masker,"harapnya.

Sementara itu Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) membenarkan terjadinya kabut asap yang melanda wilayah Aceh Barat dan Nagan Raya.

"Itu kabut dari medan (sumatera utara) bergerak ke Meulaboh yang disebabkan oleh angin tenggara,"kata Edi Darlupti kepada AJNN via selularnya,Senin sore,(26/10).

Edi mengatakan, kabut asap yang melanda Aceh Barat dan Nagan Raya itu sudah terjadi sejak pukul 10.00 Wib dengan jarak pandang atau visibility di bawah tiga kilo meter.

"Siang sampai sore ini malah jarak pandangnya menurun dengan visibility memasuki di bawah 2 kilometer,"ungkapnya.

Ia menambahkan, kabut asap yang melanda Aceh Barat dan Nagan Raya itu dianggap sulit menghilang karena hingga saat ini tidak adanya angin yang bergerak secara konstan.

Menurutnya jika terjadi hujan pada malam hari namun angin tetap bergerak dari tenggara kabut asap tidak akan hilang. Konidisi ini disebabkan tebalnya kabut asap yang terjadi di Medan.

DARMANSYAH MUDA

Komentar

Loading...