Unduh Aplikasi

Kabut Asap Hentikan Aktivitas Penerbangan di Bandara Cut Nyak Dhien Nagan Raya

Kabut Asap Hentikan Aktivitas Penerbangan di Bandara Cut Nyak Dhien Nagan Raya
Viva, Foto : Viva
NAGAN RAYA - Akibat kabut asap yang melanda Kabupaten Aceh Barat dan Nagan Raya, Senin,(26/10) telah menyebabkan lumpuhnya aktivitas penerbangan di Bandara Cut Nyak Dhien Nagan Raya.

Kepala Bandara Cut Nyak Dhien, Juli Mujiono, Senin,(26/10) mengatakan, setidaknya pada senin, telah terjadi tiga pembatalan tiga rute penerbangan dari dua maskapai yang melayani penerbangan di Nagan Raya.

Tiga rute penerbangan tersebut, kata dia, dari Banda Aceh ke Nagan Raya, Nagan Raya Simeulue maupun sebaliknya yang dilayani oleh maskapai milik Susi Air.

Ia menjelaskan, Mas Kapai penerbangan Wings Air juga membatalkan penerbangan dari Kuala Namu, Sumatera Utara ke Bandara Cut Nyak Dhien Nagan Raya.

"Kalau wings air harusnya mendarak di Cut Nyak Dhien sekitar pukul 11.30 Wib siang tadi, tapi batal karena visibility (jarak pandang) dibawah 3 kilo meter. Bahkan, di Medan lebih parah sehingga tidak jadi terbang," kata dia.

Selain itu, ia menambahkan, kabut asap yang melanda Nagan Raya hingga saat ini masih terjadi, bahkan di Bandara, hingga sore kabut asap makin menebal.

Sementara itu, Air Port Manager Wings Air Nagan Raya, Andi Siswanto, membenarkan jika maskapai penerbangan mereka tidak melakukan penerbangan.

"Karena kabut asap, bagi penumpang hari ini kita lakukan reroute (pengalihan) penerbangan melalui Banda Aceh. Untuk mereka yang kita alihkan, juga kita ganti pesawat menggunakan Lion Air dari SIM," katanya.

Bagi penumpang yang ingin dilakukan pengembalian (refund) biaya tiket, tambah Andi, pihaknya juga akan menggantikannya seratus persen tanpa adanya pemotongan.

|DARMANSYAH MUDA

Komentar

Loading...