Unduh Aplikasi

Kabut Asap Di Aceh Kiriman Dari Sumatera Selatan

BANDA ACEH - Prakirawan BMKG Bandara Sultan Iskandar Muda (SIM) Blang Bintang Rahmad mengatakan kabut asap yang terjadi di wilayah Aceh dalam 2 hari terakhir ini merupakan kiriman dari Palembang Sumatera Selatan.

"Kabut asap yang mempengaruhi sejumlah wilayah di Aceh berasal dari Palembang," katanya, Senin (26/10).

Ia menyebutkan hingga saat ini jarak pandang akibat kabut asap masih bertahan dikisaran 1000 meter untuk beberapa wilayah di Aceh seperti di Sabang.

"Sementara wilayah Banda Aceh jarak pandang masih bertahan mencapai 3000 meter, sementara di  Lhokseumawe 1500 meter sedangkan di Meulaboh jarak pandang 1800 meter," jelasnya.

Ia juga menyebutkan kabut asap yang menyelimuti disejumlah wilayah di Aceh sudah taraf mencemaskan, aktifitas masyarakat mulai terganggu termasuk aktifitas nelayan dan penerbangan di Bandara SIM Blang Bintang.

Beberapa hari kedepan, lanjut Rahmat sebagian wilayah di Aceh diprediksi berpeluang hujan yang akan membantu menghilangkan kabut asap itu sendiri.

"Meski begitu jika dari asalnya kabut asap tidak ada hujan diwilayah Palembang, untuk wilayah Aceh tetap akan berpengaruh. Karena kabut asap ini berasal dari Provinsi lain," jelasnya.

|TOMMY

Komentar

Loading...