Unduh Aplikasi

Kabel PLN Terbakar, Meulaboh Kembali Gelap

Kabel PLN Terbakar, Meulaboh Kembali Gelap
Suasana di Jalan Manek Roo, Meulaboh, Aceh Barat. Foto: Darmansyah Muda.
ACEH BARAT - Kabel saluran tegangan rendah pembagi jurusan yang berada di trafo JP14, di Jalan Manek Roo, Kecamatan Johan Pahlawan, Meulaboh, Sabtu (12/3). Kejadian yang berlangsung Pukul 20.10 WIB itu diduga karena beban listrik yang terlalu besar.

Akibat dari terbakarnya kabel pembagi jurusan tersebut membuat warga sekitar menjadi panik. Pasalnya, kabel yang membentang itu berdekatan dengan pertokoan. Bahkan Toko Cake and Donat Eva Kalori, nyaris terbakar.

Penjaga toko Eva Kalori, Rika, mengatakan saat kejadian dirinya menyapu di halaman toko itu. Namun tiba-tiba terlihat percikan api. Hanya sekejab, api kecil membakar kulit kabel dan menjalar cepat.

"Api sempat membesar lalu jatuh ke bawah, tepat di gardu. Karena takut saya lari menjauh sekitar dua ratus meter dari toko karena takut api, bisa-bisa menyambar ke toko dan terkena saya," kata Rika. Beruntung saat kejadian tersebut, warga sekitar mengambil air dan memadamkan hingga api tak menyebar.

Akibat kebarakan ini, Meulaboh kembali gelap. Kepala jaringan Perusahaan Listrik Negara Area Meulaboh, Edi Saputra, mengatakan terbakarnya kabel itu karena beban yang tak mampu lagi ditampung oleh kabel karena jumlah pemakaian terlalu besar.

Akibat dari terbakarnya kabel tersebut, kata Edi, pihaknya terpaksa memadamkan listrik untuk memperbaiki jaringan kabel yang terbakar. "Beruntung saat kejadian tadi petugas cepat matikan penyuplai, jika tidak trafo meledak. Dan (efeknya) lebih fatal,” kata dia.

Dengan semakin besarnya beban pemakaian pelanggan di daerah itu, kata Edi, pihaknya akan mengganti kabel pembagi jurusan itu dengan yang lebih besar. Terbakarnya kabel pembagi arus itu sempat menjadi pusat perhatian warga yang melintas di daerah itu. Membuat antrean kendaraan di Jalan Manek Roo mengular hingga 300 meter.
Gemas-Dinas pendidikan aceh

Komentar

Loading...