Unduh Aplikasi

Kabag Umum Setdakab Aceh Barat Sebut Biaya Sewa Mobil Dinas Bupati Paling Murah

Kabag Umum Setdakab Aceh Barat Sebut Biaya Sewa Mobil Dinas Bupati Paling Murah
Ilustrasi. Foto: Net

ACEH BARAT - Kepala Bagian Umum (Kabag Umum) Sekretariat Daerah Kabupaten (Setdakab) Aceh Barat, Dedi Gunawar, mengatakan rental mobil Bupati Aceh Barat jenis Toyota Alphard dengan nilai sewa Rp 34,5 juta per bulannya merupakan harga termurah untuk kendaraan dinas seorang kepala daerah.

Dikatakan Dedi, penggunaan mobil dinas Bupati tersebut sesuai dengan aturan berlaku sebagaimana yang diatur dalam Peraturan Bupati Nomor 91 Tahun 2014 tentang Standarisasi Sarana dan Prasaranan Kerja di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Aceh Barat.

"Selama tidak menyalahi aturan terkait tipe mobil yang disewa untuk kepala daerah, maka hal itu adalah sah menurut aturan hukum yang ada," kata Dedi Gunawar, melalui rilis yang dikirim ke AJNN, Jumat, (14/6).

Baca: Sewa Alphard untuk Mobil Dinas, Bupati Aceh Barat Dikritik Ketua DPRK

Menurutnya tidak mungkin seorang Bupati mengendarai mobil dinas sejenis Innova, dan menurut penilaiannya penyewaan mobil tipe Alphard tersebut masih dalam kategori layak.

Dia juga membantah tudingan Ramli SE yang menyebutkan rental mobil Toyota Alphard itu tidak memiliki dokumen kontrak, menurutnya Pemkab setempat memiliki dokumen kontrak atas jasa rental mobil itu. Kemudian nilai sewa sebenarnya itu Rp 34,5 juta bukan Rp 35 juta.

Bukan hanya itu, Dedi ikut meluruskan nilai alokasi anggaran untuk perawatan mobil Bupati dan Wakil Bupati senilai Rp 220 juta sebagaimana yang disampaikan kepada awak media. Menurutnya total biaya perawatan untuk mobil dinas bupati dan wakil bupati hanya Rp 202 juta sesuai yang tercantum dalam Daftar Pengguna Anggaran (DPA).

Kata dia, meski tercantum dalam DPA, biaya perawatan mobil yang dirental untuk bupati sebagai mobil dinas tetap menjadi tanggung jawab pemilik atau jasa rental tersebut.

"Jadi anggaran tersebut nantinya hanya bisa digunakan untuk perawatan mobil dinas wakil bupati. Sedangkan mobil dinas bupati tidak menggunakan anggaran itu, karena tanggung jawab jasa rental. Kalau anggarannya lebih kita kembalikan ke kas daerah," ungkapnya

Aceh UMKM Expo 2019
Ucapan Selamat Pelantikan DPRA - Aceh Barat
iPustakaAceh

Komentar

Loading...