Unduh Aplikasi

Jusuf Kalla Bekukan Kepengurusan PMI Aceh

Jusuf Kalla Bekukan Kepengurusan PMI Aceh
T Alaidinsyah. Foto: Popularitas.

BANDA ACEH - Ketua Umum Palang Merah Indonesia Jusuf Kalla memberhentikan T Alaidinsyah, Ketua PMI Aceh, dari jabatannya. Pemberhentian ini dilakukan beberapa bulan sebelum masa kepemimpinan Alaidinsyah berakhir. 

“Ini mekanisme biasa dalam organisasi,” kata Sudirman Said, Sekretaris Jenderal Palang Merah Indonesia, usai bertemu dengan Sekretaris Daerah Aceh Taqwallah di Banda Aceh, Jumat 9 Oktober 2020. 

Sudirman mengatakan Jusuf Kalla ingin, terutama, di masa pandemi agar seluruh organ PMI di seluruh daerah di Indonesia betul-betul aktif. Ketika menghadapi organisasi yang tidak aktif, Jusuf Kalla, kata Sudirman, mengambil tindakan untuk membicarakan dengan seluruh pengurus dan memutuskan untuk disegerakan. 

Sudirman mengatakan seluruh kepengurusan PMI Aceh periode ini juga dibekukan. PMI Aceh akan dipimpin oleh pengurus sementara. Kepengurusan ini, kata Sudirman, merupakan gabungan pengurus pusat, pengurus provinsi dan pengurus kabupaten/kota. Tugas pengurus sementara menyelenggarakan musyawarah provinsi secepatnya. 

Sudirman memastikan kepengurusan yang dibekukan itu akan mempertanggungjawabkan seluruh aset dan keuangan selama dijabat oleh Alaidinsyah. Seluruh aset-aset PMI yang dikuasai oleh pribadi-pribadi harus dikembalikan. 

“Semua mekanisme harus ditempuh dan kita ingin PMI terjaga kredibilitasnya agar terus dipercaya masyarakat. Semua urusan pribadi harus dipertanggungjawabkan,” kata Sudirman. 

Pertemuan Sudirman dan Taqwallah berlangung lebih dari satu jam. Dalam kesempatan itu, kata Sudirman, PMI melaporkan dinamika organisasi di Aceh. Dia mengatakan dalam aturan organisasi dan regulasi, gubernur menjadi pelindung PMI di provinsi. Dia berharap kepengurusan di seluruh daerah sejalan dengan kebijakan gubernur. 

Komentar

Loading...