Unduh Aplikasi

Jumlah Pengungsi Gempa Pidie Jaya Bertambah, Total 43 Ribu Jiwa

Jumlah Pengungsi Gempa Pidie Jaya Bertambah, Total 43 Ribu Jiwa
Masjid yang roboh diguncang gempa berkekuatan 6,4 skala richter di Pidie Jaya. Foto: Muksalmina

PIDIE JAYA - Memasuki hari ketiga usai gempa 6,4 skala richter di Pidie Jaya, jumlah pengungsi dilaporkan terus bertambah. Data yang didapat AJNN menunjukkan penambahan hingga 100 persen.

Kemarin, jumlah penyintas yang mengisi kantong-kantong pengungsian di sejumah kecamatan di Pidie Jaya dan daerah sekitarnya mencapai 21.013 jiwa. Saat ini, jumlahnya mencapai 43.613 jiwa.

Sebagian besar, kondisi ini didorong rasa trauma mendalam yang dialami para penyintas. Apalagi, usai gempa Rabu lalu, daerah itu masih diguncang gempa dengan kekuatan berbeda. Warga belum berani tidur di rumah masing-masing.

"Kalau orang tuanya berani, tapi anak-anak mereka tidak mau pulang ke rumah. Mereka taku gempa susulan," ujar Ismail, Kepala Desa Udeung Poroh, Kecamatan Bandar Baru, Pidie Jaya.

Terpisah, Panglima Kodam Iskandar Muda Mayjen TNI Tatang Sulaiman menyampaikan kegiatan hari ketiga pascagempa difokuskan pada proses pembersihan lokasi reruntuhan. “Termasuk mendata kembali kerusakan,” kata Tatang.

Gempa merusak sedikitnya 2.016 rumah dan ratusan masjid serta fasilitas utama publik. Kemarin, TNI mendata para pengungsi dan menyiapkan lokasi pengungsian sementara, dapur lapangan serta fasilitas kesehatan.

"Diharapakan hari ini sudah terdata keseluruhan jumlah korban jiwa yang meninggal maupun luka-luka, rumah-rumah dan gedung-gedung serta fasilitas umum lainnya yang mengalami kerusakan,” kata Tatang.

Komentar

Loading...