Unduh Aplikasi

Jumlah Penduduk Aceh Jaya Meningkat Drastis

Jumlah Penduduk Aceh Jaya Meningkat Drastis
Kadisdukcapil Aceh Jaya, Saloma. Foto: AJNN/Suar

ACEH JAYA - Jumlah penduduk di kabupaten Aceh Jaya provinsi Aceh tahun 2020 tercatat sebanyak 95.477 jiwa. Jumlah tersebut meningkat drastis setelah adanya program Dokumen Kependudukan Puskesmas Online (DOMPOL) serta sejumlah program lainnya dari Pemkab Aceh Jaya.

Kepala Dinas Kependudukan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Aceh Jaya, Saloma mengungkapkan jika penambahan jumlah penduduk sebanyak 95.477 jiwa tersebut terhitung per Juni 2020. Sementara pada tahun 2019 tercatat sebanyak 94.377 jiwa.

"Artinya ada peningkatan sebanyak 1.100 jiwa sepanjang Januari hingga Juni 2020," kata Saloma yang dijumpai AJNN diruang kerjanya, Senin (20/7).

Sebelumnya, kata Saloma, peningkatan jumlah penduduk per tahunnya hanya sebanyak seribuan jiwa. Namun setelah adanya program Dompol serta program lainnya diprediksi ada penambahan penduduk di Aceh Jaya capai 2 ribu jiwa lebih per tahun sehingga pada tahun 2023 diprediksi capai 100 jiwa penduduk di Aceh Jaya.

Selain program Dompol, selama ini di Aceh Jaya juga ada program sosial lainnya berupa beasiswa dan beasantri yang salah satu syaratnya wajib punya KTP Aceh Jaya, serta setiap CPNS Aceh Jaya juga wajib memiliki KTP Aceh Jaya.

"Kalau program Dompol memang baru Maret 2020 kita launching pengaruhnya juga sangat besar, namun program lainnya juga berpengaruh meningkatnya jumlah penduduk di Aceh Jaya seperti wajib memiliki KTP Aceh Jaya bagi CPNS serta program sosial lainnya," ungkap Saloma.

Selain itu, program pelayanan kerumah juga sudah berlangsung selama ini, hanya saja belum terpublikasi secara maksimal kepada warga Aceh Jaya sehingga masih banyak warga yang belum mengetahui jika selama ini di Disdukcapil ada pelayanan kerumah warga yang rentan.

"Bagi warga rentan yang tidak mampu ke kantor untuk mengurus dokumen kependudukannya silahkan hubungi kami, karena kami yang akan kerumah. Selain itu, bagi warga yang ketimpa musibah kebakaran juga bisa menghubungi kami, dan kami juga akan mengantarkan langsung dokumen kependudukan pengganti dokumen asli yang ikut terbakar bersama rombongan Dinsos saat menyerahkan bantuan massa panik," pungkas Saloma.

Ket

Komentar

Loading...