Unduh Aplikasi

Jumlah Pencari Kerja di Aceh Utara Menurun

Jumlah Pencari Kerja di Aceh Utara Menurun
Ilustrasi.
ACEH UTARA - Jumlah pencari kerja di Kabupaten Aceh Utara dilaporkan menurun signifikan. Penurunan angka pencari kerja tersebut diukur dari tahun 2011-2016 sesuai dengan jumlah yang terdaftar di Dinas Sosial, Tenaga Kerja dan Mobilitas Penduduk Kabupaten Aceh Utara.

"Jumlah pencari kerja yang mendaftar ke kami dari tahun ke tahun terus menurun secara drastis," kata Kabid Tenaga Kerja Cut Rosana Ariani kepada AJNN, Jumat (19/3).

Menurutnya, dari hasil rekapitulasi, tahun 2011 jumlah pencari kerja mencapai angka 1.718 orang, kemudian pada tahun 2012 sebanyak 1.754 orang. Puncaknya meningkat tajam pada 2013 yang mencapai 2.804 orang.

"Dari fakta tersebut, sejak 2014 jumlah pencari kerja menurun drastis dengan 929 pelamar, tahun 2015 sebanyak 519 dan sampai Februari 2016 hanya 32 orang pendaftar," jelas Cut.

Dari jumlah tersebut, sambungnya, para pencari kerja tersebut terdiri dari berbagai jenjang pendidikan. Yang paling banyak mendominasi adalah lulusan Sekolah Menengah Atas, DIII dan Sarjana.

"Paling banyak lulusan SMA, DIII dan Sarjana S1. Selebihnya ada yg mulai dari lulusan SD, SMP bahkan lulusan S2," urainya.

Meskipun angka pencari kerja yang terdaftar di pemkab tergolong menurun, tapi belum tentu akan signifikan mempengaruhi angka pengangguran dan kemiskinan di kabupaten tersebut.

"Tentu saja data ini dapat dijadikan indikator, tapi tidak sepenuhnya dianggap sudah representatif mengurangi pengangguran dan kemiskinan," tutupnya.

Untuk diketahui, jumlah pengangguran di Aceh Utara pada akhir tahun 2014 mencapai 13,58 persen sedangkan kemiskinan mencapai 19,58 persen.

Komentar

Loading...