Unduh Aplikasi

Jumlah Dayah di Aceh Capai 1.573

Jumlah Dayah di Aceh Capai 1.573
Suasana sebuah dayah yang berdiri di lingkungan Masjid.
BANDA ACEH – Kepala Dinas Badan Pembinaan Pendidikan Dayah (BPPD) Aceh, Bustami Usman mengungkapkan, jumlah dayah salafi menurut data terakhir yang dirilis sejak tahun 2011 hingga 2014, berjumlah 1.055, sedangkan dayah terpadu sebanyak 518.

Meski dengan jumlah yang besar, kata Bustami, dayah tersebut tidak diimbangi dengan kualitas sarana dan prasarana, gedung yang layak pakai, ketersediaan ruang belajar yang masih sedikit dan juga kurikulum yang masih belum teratur.

Bustami mengaku, pihaknya saat ini terus melakukan berbagai usaha guna membangun dayah baik dari sarana dan prasarana, kurikulum dayah dan juga manajemen dayah. Sehingga konsep dayah tradisional dengan sistem kepemimpinan turun temurun tidak ada lagi diterapkan di dayah.

"Misalnya meninggal pimpinan, meninggal juga pesantrennya, karena masih menerapkan manajemen figur, karena figur sangat menonjol, sehingga begitu pimpinannya meninggal orang tua wali langsung menarik santrinya," ujar Bustami.

Selama ini, jelas Bustami, kurikulum masih menjadi masalah besar di dayah, karena banyak kurikulum yang di ajarkan tidak teratur. Namun, pihaknya berjanji akan terus berbenah dengan dibantu sejumlah ulama besar di Aceh untuk membuat kurikulum, sehingga setiap dayah mempunyai patokan belajar yang jelas.

Komentar

Loading...