Unduh Aplikasi

Jumat, DPRA Panggil Plt Gubernur Aceh untuk Jawaban Interpelasi

Jumat, DPRA Panggil Plt Gubernur Aceh untuk Jawaban Interpelasi
Paripurna DPRA tentang persetujuan hak interpelasi terhadap Plt Gubernur Aceh, Kamis, 10 September 2020. Foto: AJNN/Rahmat Fajri.

BANDA ACEH - Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA) telah menjadwalkan rapat paripurna mendengarkan jawaban Plt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah atas interpelasi yang digunakan legislatif Aceh itu. 

Sesuai dengan hasil rapat Badan Musyawarah (Banmus) DPRA, sidang paripurna tersebut dilaksanakan pada Jumat, 25 September 2020.

"Jadwal paripurna untuk menindaklanjuti interpelasi kita, menerima jawaban Plt Gubernur Aceh itu hari Jumat," kata Wakil Ketua DPRA, Safaruddin saat dikonfirmasi wartawan, Rabu (23/9). 

Safaruddin menyampaikan, karena secara ketentuan agenda itu harus disampaikan tiga hari sebelum paripurna, maka DPRA sudah memberitahukannya kepada pemerintah Aceh. 

Baca: Alasan DPRA Gunakan Hak Interpelasi Terhadap Plt Gubernur Aceh

Dalam hal ini, DPRA berharap Plt Gubernur Aceh selaku kepala pemerintahan saat ini menghadiri agenda paripurna dan memberikan jawabannya secara langsung tanpa harus diwakilkan. 

"Bisa hadir atau tidak disampaikan tertulis. Tapi kalau secara etika pemerintahan kita harap beliau (Nova Iriansyah) datang, dan kita juga menerima keterangan itu langsung dari beliau," ujarnya. 

"Secara regulasi memang bisa kalau berhalangan diwakilkan. Tapi intinya datang tidak datang, urusan interpelasi ini tetap jalan," tegas politikus Gerindra itu. 

Untuk diketahui, terdapat beberapa pertanyaan yang diajukan DPRA melalui interpelasi kepada Plt Gubernur Aceh, diantaranya terkait paket proyek multiyears 2020-2022, rancangan qanun LPJ APBA 2019 yang tidak disampaikan, hingga dana refocusing untuk Covid-19.

Komentar

Loading...