Unduh Aplikasi

Jubir Covid-19 Aceh: Pasien Positif Yang Sempat Dipulangkan Sesuai Prosedur

Jubir Covid-19 Aceh: Pasien Positif Yang Sempat Dipulangkan Sesuai Prosedur
Juru Bicara Covid-19 Pemerintah Aceh, Saifullah Abdulgani. Foto: Ist

BANDA ACEH - Sebanyak tiga pasien yang dinyatakan positif terjangkit corona (Covid-19) sempat dipulangkan ke rumah masing-masing sebelum keluarnya hasil pemeriksaan laboratorium di Jakarta.

Terkait hal ini, Juru Bicara Covid-19 Pemerintah Aceh, Saifullah Abdulgani menegaskan bahwa pemulangan pasien tersebut sudah sesuai prosedur pedoman penanganan cepat medis dan kesehatan masyarakat Covid-19 di Indonesia.

Baca: Tiga Lagi Pasien PDP Aceh Positif Corona, Total Sudah Empat

"Itu sesuai dengan prosedur dari gugus tugas percepatan penanggulangan covid-19 yang berlaku dan diterapkan saat ini," kata Saifullah Abdulgani, Sabtu, (28/3).

Saifullah menjelaskan, ketiga pasien tersebut dibiarkan pulang sebelum keluarnya hasil swap pemeriksaan, karena memang mereka tidak membutuhkan lagi infus dan oksigen.

Sehingga, kata Saifullah, para pasien itu tidak membutuhkan lagi perawatan di rumah sakit ketika keadaan mereka secara umumnya sudah membaik. Kecuali yang bersangkutan masih memerlukan alat bantu.

"Tapi karena kondisi umum pasien itu sudah baik walaupun hasilnya belum diketahui masih belum dikirim ke Aceh dari Jakarta, oleh tim medis memutuskan mereka dipulangkan," ujar pria yang akrab disapa SAG itu.

Tetapi, lanjut SAG, ketika dipulangkan mereka juga diharuskan melakukan isolasi tetap di rumah masing-masing. Termasuk tidak diizinkan berinteraksi dengan anggota keluarga sekalipun.

"Yang lebih penting lagi adalah mereka diawasi oleh tim kesehatan," tutur SAG.

Selain itu, SAG juga menjelaskan terkait riwayat perjalanan tiga pasien yang positif dan sedang dirawat kembali di Rumah Sakit Umum Daerah Zainal Abidin (RSUDZA) Banda Aceh.

SAG menyebutkan, pasangan suami istri yang positif asal Lampaseh Kecamatan Kutaraja Kota Banda Aceh memiliki riwayat pulang dari Padang, Sumatera Barat, lalu transit di Medan.

Sedangkan pasien positif asal Montasik Kabupaten Aceh Besar, memiliki riwayat mengikuti kegiatan ke Jakarta.

"Yang pasangan dari Lampaseh, pulang dari Padang, transit di Medan, dan kembali ke Banda Aceh. Asal Montasik ada ke Jakarta sebelum sakit," sebut SAG.

Komentar

Loading...