Unduh Aplikasi

Jual Kosmetik Ilegal dari Situs Belanja Online, Dua Warga Langsa Ditangkap

Jual Kosmetik Ilegal dari Situs Belanja Online, Dua Warga Langsa Ditangkap
Kasat Reskrim (tengah) memperlihatkan barang bukti alat kesehatan/kosmetik ilegal yang diamankan dari dua tersangka. Foto:AJNN/Asrul

LANGSA - Dua warga Kota Langsa harus berurusan dengan pihak kepolisian karena menjual kosmetik tanpa izin edar atau ilegal kepada masyarakat, keduanya  yakni, EM (35) dan NW (27).  Mereka ditangkap di tempat terpisah dan waktu berbeda.

Polisi pertama sekali menangkap EM, perempuan yang berstatus IRT ini pada Selasa (5/11) sekitar pukul 14.30 WIB.

"EM ditangkap karena melakukan tindak pidana mengedarkan sediaan farmasi atau alat kesehatan yang tidak memiliki izin edar (BPOM)," kata Kapolres Langsa AKBP Andy Hermawan melalui Kasat Reskrim Iptu Arief Sukmo Wibowo dalam prees realese, Kamis (7/11).

Setelah menangkap EM, kata Iptu Arief, pada hari yang sama petugas juga menangkap tersangka NW, pria yang berstatus wiraswasta ini ditangkap satu jam setelah EM.

"NW ditangkap juga karena mengedar alat kesehatan (kosmetik) tanpa dilengkapi izin BPOM di tokonya," terang Iptu Arief.

Iptu Arief menyebutkan, dari tersangka EM petugas mengamankan barang bukti berupa 37 macam alat kesehatan ilegal.

Sementara dari tersangka NW, kata Arief, petugas mengamankan barang bukti 21 macam alat kesehatan (kosmetik) ilegal yang dijual di tokonya.

"Menurut pengakuan dua tersangka, barang ilegal tersebut dibeli dari salah satu situs belanja online . Barang-barang tersebut berasal dari luar negeri seperti China, Thailand, Malaysia dan negara lainnya," ungkap Iptu Arief.

Kedua tersangka, kata Iptu Arief, akan dikenakan Pasal 197 Undang-undang nomor 36 tahun 2009 tentang kesehatan.

"Setiap orang yang dengan sengaja memproduksi atau mengedarkan sediaan farmasi dan/atau alat kesehatan yang tidak memiliki izin sebagaimana dimaksud dalam Pasal 106 ayat 1 dipidana maksimal 15 tahun kurungan penjara dan denda maksimal Rp 1,5 miliar rupiah," tutur Iptu Arief.

Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya, ke-dua tersangka berikut barang bukti saat ini telah diamankan di Polres Langsa guna proses hukum lebih lanjut.

Komentar

Loading...