Unduh Aplikasi

Jokowi kaget, banyak perempuan di kabinetnya

JAKARTA - Presiden Joko Widodo telah melantik 34 menterinya hari ini, Senin 27 Oktober 2014 di Istana Negara, Jakarta. Namun, ternyata saat dia selesai menentukan menteri di kabinetnya dia terkejut karena banyak sekali perempuan di kabinetnya.

Menurut orang dekat Jokowi, Andi Widjajanto, komposisi kabinet ini tidak disengaja. Sebab, awalnya Jokowi hanya meyerahkan 81 nama ke KPK dan PPATK.

"Di situ PR pertama mencari tempat nama-nama yang di-endorse ketua umum parpol lalu profesional lainya," kata Andi di Istana Negara, Jakarta.

Begitu kabinet selesai disusun, kata Andi, semua terkejut ternyata banyak dari perempuan dan tiga dari Dirut BUMN.

"Kita terkejut kok perempuan ada delapan dan ada tiga Dirut BUMN. Tetapi tidak dirancang berapa perempuan dan berapa Dirut," ujarnya.

Sementara yang dirancang, lanjut dia, hanya dari partai politik misalnya berapa jatah PDIP, Nasdem, PKB, PPP, Hanura dan lainnya. "Selain itu tidak dirancang. Ini output yang tidak disengaja. Jadi emang dikonversikan ke sana," jelasnya.

Sementara, Yohana Yambise satu-satunya puteri dari Papua yang menjabat sebagai Menteri Perlindungan Perempuan dan Anak pun tidak dirancang. "Memang dia ini menarik," tuturnya.

VIVA

Komentar

Loading...