Unduh Aplikasi

JKMA Dorong Percepatan Qanun Hutan Adat Mukim

JKMA Dorong Percepatan Qanun Hutan Adat Mukim
Peserta Rapat Adat JKMA. Foto: Ist

BANDA ACEH - Jaringan Komunitas Masyarakat Adat (JKMA) Aceh mengeluarkan sejumlah rekomendasi. Ini merupakan hasil Rapat Dewan Adat JKMA Aceh 2016 yang digelar di Banda Aceh, Ahad (27/11).

“Satu di antaranya adalah program prioritas yang akan dilakukan pada 2017 terkait dengan advokasi hak-hak masyarakat adat,” kata Ketua Badan Pelaksana JKMA Aceh, Zulfikar Arma.

Program prioritas tersebut adalah percepatan penetapan wilayah mukim oleh pemerintah kabupaten/kota. JKMA juga mendorong percepatan pengesahan Qanun Hutan Adat Mukim di tingkat kabupaten/kota.

Selain itu, lembaga ini juga mendorong percepatan pengesahan Peraturan Bupati tentang Tata Batas dan Harta Kekayaan Mukim, pendampingan hukum bagi masyarakat adat yang sedang berkonflik dengan perusahaan serta penguatan kelembagaan mukim terkait penguasaan dan pengelolaan sumber daya alam di tingkat mukim.

“Rapat juga mengeluarkan rekomendasi untuk memaksimalkan peran seluruh komponen JKMA Aceh dan JKMA wilayah, seperti Dewan Adat, Dewan Kehormatan, dan Badan Pelaksana, untuk memperkuat organisasi dan lembaga adat di Aceh,” kata Zulfikar.

Rapat ini dihadiri 29 orang peserta dari unsur Dewan Adat JKMA Aceh, Dewan Kehormatan JKMA Aceh, Badan Pendiri JKMA Aceh, dan Ketua Badan Pelaksana JKMA Aceh.

| Rilis

Komentar

Loading...