Unduh Aplikasi

Jerami bisa tingkatkan produktivitas ternak

ACEH UTARA - Potensi Kabupaten Aceh Utara dalam bidang peternakan cukup baik baik karena kondisi fisik alamnya cukup mendukung sehingga peternak bisa mencukupi kebutuhan pakan ternaknya. Pakan yang diberikan pada ternak biasanya adalah rumput biasa dan jerami padi.

Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Kabupaten Aceh Utara Bekejasama dengan Badan Penyuluh Peternakan dan Pertanian (BPTP) Aceh Temu wicara itu dilaksanakan di Aula Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Kecamatan Nibong, Kabupaten Aceh Utara, yang dihadiri oleh sekitar 40 peserta dari seluruh penyuluh yang ada di setiap BPP Aceh Utara, Rabu (14/10).

Kepala Bidang Penyuluhan Aceh Utara, Nurleli Mahyuddin, dalam menyampaikan terkait demonstrasi cara pembuatan jerami padi untuk pakan ternak alternatif mineral blok sebagai salah satu upaya pencegahan penyakit defisiensi mineral pada ternak ruminansia.

Sedangkan Peneliti dari Badan Penyuluh Peternakan dan Pertanian (BPTP) Aceh, dr Yuni Yusriani, mengatakan bahwa teknologi ini diharapkan dapat diaplikasikan kepada kelompok ternak dalam meningkatkan produksi dan produktivitas guna meningkatkan sumber pendapatan petani peternak di Aceh Utara.

“Sebab penyuluh merupakan ujung tombak daripada petani, dan semoga ilmu yang didapatkan ini nantinya dapat diterapkan di desa-desa di setiap kecamatan kepada para peternak agar produktifitas semakin meningkat,” katanya.

Tujuan pemanfaatan limbah pertanian jerami padi dalam upaya peningkatan produktivitas peternakan sapi potong dan meningkatkan pendapatan penduduk melalui pemasaran jerami padi fermentasi. Manfaat yang diperoleh akan meningkatkan kualitas jerami padi. Jerami padi fermentasi merupakan pakan ternak yang memiliki prospek untuk dikembangkan.

Penerapan teknologi fermentasi dalam jerami padi akan mampu meningkatkan pendapatan penduduk di wilayah setempat sehingga kesejahteraan peternakpun meningkat.

Penerapan teknologi fermentasi dalam program ini akan meningkatkan pendapatan penduduk sehingga kesejahteraan peternakpun meningkat. Penerapan teknologi fermentasi dalam program ini akan meningkatkan pendapatan penduduk sehingga kesejahteraan pendudukpun akan meningkat.

Selain itu penerapan teknologi fermentasi juga akan menciptakan lapangan kerja bagi penduduk sekitar.

Metode penyelesaian masalah tersebut adalah pelatihan dan pendampingan pengolahan jerami padi fermentasi.

RAJALI

Komentar

Loading...