Unduh Aplikasi

Jepang, Terimakasih Aceh

Jepang, Terimakasih Aceh
BANDA ACEH – Asisten III Setda Aceh Bidang Administrasi Umum, Syahrul Badruddin mengatakan Indonesia merupakan wilayah yang rawan terjadi bencana, meski demikian masayarakat tidak perlu panik, yang harus dilakukan adalah belajar dari pengalaman bagaimana bencana tersebut datang, Jum’at (11/3).

Syahrul mengatakan kemampuan penanggulangn bencana harus terus ditingkatkan dan dilatih, tentu dengan didukung teknologi yang canggih.

“Masyarakat harus peka terhadap kegiatan penanggulangan bencana, masayarakat juga harus sadar bencana,” kata syahrul, pada peringatan Tsunami Jepang di Museum Tsunami Aceh.

Takayuki Kawai staf Kedutaan Besar Jepang Bidang Pendidikan juga mengatakan Jepang dan Aceh harus terus menjalin kerja sama di bidang pendidikan kebencanaan, Indonesia khususnya Aceh juga sangat memberikan kontribusi lebih pada saat tsunami Jepang pada 2011 silam.

“Kami sangat terharu atas kepedulian masyarakat Aceh terhadap tsunami Jepang, dengan berkat masyarakat Aceh kami mejadi lebih semangat lagi, kami juga belajar banyak dari masyarakat Aceh,” ujar Takayuki.

Menurutnya, Jepang terjadi gempa yang cukup besar yang diikuti tsunami dengan ketinggian 10 hingga 40 meter yang menyapu sebagian besar wilayah timur Jepang. Karena bencana itu korban tewas dan hilang mencapai 19 ribu jiwa dan juga mengalami kerusakan infrastruktur sangat serius.

Ia menambahkan, pasca bencana, upaya rekontruksi dan rehabilitasi terus dilakukan secara berkelanjutan walaupun masih ada masyarakat yang tinggal di perumahan sementara, namun hingga saat ini rekontruksi di bidang infrastruktur sudah hampir selesai, serta pembangkit listrik tenaga nuklir di Fukushima Daiichi juga sudah stabil.

“Rekontruksi dan rehabilitasi yang kita lakukan saat ini tidak terlepas dari dukungan semua pihak termasuk Indonesia dan Aceh, dengan diselenggarakan peringatan terhadap korban bencana tsunami 2 Juni 2011 di Aceh, kami merasa bersyukur dan berterimakasih,” tutur Takayuki.

Komentar

Loading...