Unduh Aplikasi

Jembatan Ulee Raket Rampung Akhir Tahun Ini

Jembatan Ulee Raket Rampung Akhir Tahun Ini
Kondisi jembatan Ulee Raket beberapa waktu lalu

ACEH BARAT - Kepala Dinas Pekerjaan Umun dan Penataan Ruangan (PUPR) Kabupaten Aceh Barat Bukhari, menjamin pembangunan jembatan Ulee Raket yang menghubungkan Desa Sawang Teube, Kecamatan Kaway XVI dengan Pantee Ceureumen selesai Desember 2019 ini.

Pembangunan jembatan tersebut juga akan dibangun di tempat semula dengan kategori rehab berat. Dimana kata dia, dalam pembangunannya hanya akan membongkar satu bagian yang roboh sebelumnya.

Baca: Tuntut Jembatan Ulee Raket Segera Dibangun, Warga Demo DPRK

"Kita akan membangun di tempat semula dengan membongkar satu section, di arah yang rubuh sebelumnya. Nanti kita akan lakukan secara konvensional dengan menggunakan box curve," kata Bukhari di hadapan anggota badan anggaran, dan para pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten (DPRK) setempat, Selasa, (9/4).

Dia menyebutkan, jembatan tersebut tidak dibangun baru dan hanya direhab berdasarkan rekomendasi tim survey dari Universitas Syiah Kuala.

Baca: Ancaman Ketua DPRK Jika Jembatan Ulee Raket Tak Masuk di APBK 2019

Selain dibangun dengan sistem konvensional menggunakan box curve nantinya, ucap Bukhari, abutmen jembatan juga akan dipangkan menjadi 200 meter dari daratan.

Baca: Pemerintah Abai, Jembatan Ulee Raket Akhirnya Ambruk

Bukhari menyebut, anggaran yang dialokasikan untuk rehab jembatan itu senilai 20 miliar. Jumlah tersebut sesuai dengan yang diusulkan pada Anggaran Pendapatan Dan Belanja Kabupaten (APBK).

"Anggarannya cukup, jadi tidak perlu kita usulkan lewat DOKA lagi. Bahkan kalau lebih bisa kita bangun di sebelahnya lagi," ucapnya.

Sebelumnya diberitakan, Jembatan Ulee Raket yang berada di Desa Sawang Teubee, Kecamatan Kaway XVI, Aceh Barat yang merupakan jalur lintas Kabupaten yang menghubungkan Kecamatan Pante Ceureumen dengan Kecamatan Kaway XVI dan ke Meulaboh, Ibukota Aceh Barat ambruk setelah lama rusak akibat sering terjadinya longsor pada abutmen jembatan.

Kerusakan pada abutmen pada jembatan tersebut sebenarnya telah terjadi sejak empat tahun terakhir, bahkan warga sekitar jembatan itu sudah lama mendesak Pemerintah Kabupaten setempat memperbaikinya.

Komentar

Loading...