Unduh Aplikasi

Jembatan Gantung Penghubung Tiga Gampong di Meurah Mulia Nyaris Putus

Jembatan Gantung Penghubung Tiga Gampong di Meurah Mulia Nyaris Putus
Kondisi jembatan penghubung yang rusak. Foto: Ist

ACEH UTARA - Jembatan gantung yang merupakan jalur penghubung antar gampong di Kecamatan Meurah Mulia, Kabupaten Aceh Utara, dalam kondisi rusak dan nyaris putus.

Akibat kerusakan jembatan tersebut, tiga gampong yang indentik penduduknya berpenghasilan dari perkebunan terancam kehilangan jalan pintas menuju ke pusat kecamatan dan Kabupaten Aceh Utara.

Keuchik Gampong Tualang, Kecamatan Meurah Mulia Aceh Utara, Saifullah mengatakan, jembatan itu menghubungkan tiga gampong yakni, Tualang, Paya Sutra dan Gampong Baree Blang.

“Jadi jembatan itu memudahkan warga sebagai jalan lintas menuju ke pusat kecamatan juga kabupaten. Jika tidak ada jembatan itu maka jaraknya puluhan kali lipat lebih jauh menuju pusat perkotaan,” katanya, Jumat (22/11).

Saifullah menambahkan, jembatan tersebut saat ini sudah rusak parah dan nyaris putus akibat kayu dan besi penghubung jembatan sudah lapuk dimakan usia.

“Jadi, untuk mengantisipasi jatuhnya korban jiwa, warga berupaya untuk memperbaiki dengan swadaya yang ada dengan cara menambah sejumlah batang pohon di tempat yang sudah patah dan berlubang,” ujarnya.

Dikatakan Saifullah, selain sebagai jalur dan urat nadi membawa hasil kebun, jembatan itu juga merupakan jalan lintas pelajar menuju ke sekolah di pusat kecamatan. Jembatan itu, diperkirakan sudah rusak sekitar empat tahun lalu, namun saat ini makin parah serta terancam putus.

“Kami berharap, Pemerintah Aceh Utara, segera memperbaiki jembatan gantung ini. Sehingga tidak mengancam jatuh korban jiwa dan memudahkan warga membawa hasil kebun menuju pusat kecamatan dan kabupaten,” tuturnya.

Iklan Pemutihan BPKB- Pemerintah Aceh

Komentar

Loading...