Unduh Aplikasi

Jembatan Alue Waki Nagan Raya Terancam Ambruk

Jembatan Alue Waki Nagan Raya Terancam Ambruk
Jembatan ambruk
NAGAN RAYA - Belasan aparat TNI dari Koramil 06 Darul Makmur disiagakan dijembatan Alue Waki, Kecamatan Darul Makmur, Kabupaten Nagan Raya untuk membantu masyarakat melintas jembatan. Pasalnya satu unit jembatan sepanjang 300 meter yang berada dijalur lintas itu terancam ambruk.

Bintara Administrasi (Baminter) KODIM 0116 Nagan Raya, Serda Hary Nugroho yang berada dilokasi, Minggu (18/10) kepada AJNN mengatakan jembatan itu sudah rubuh sejak September lalu dan kini terancam putus.

Melihat ancaman tersebut pihak Danramil 06 Nagan Raya, terpaksa bersiaga di lokasi setiap hari sebagai antisipasi dan membantu warga saat melintasi ijembatan itu.

"Ini kalau hujan tidak bisa lewat, karena bagian tengah yang abruk terendam banjir, kita khawatirkan masyarakat terseret arus ketika air sungai deras,"ujarnya.

Menurutnya, sebelum ambruk bagian tengah, jembatan sempat miring ke  kanan, pada september lalu bagian tengahnya patahan dan hanya berjarak satu meter dengan air sungai.

"Kalau terjadi hujan di  hulu air sungai menjadi deras, jembatan bisa terseret arus sewaktu-waktu tanpa kita duga. Maka tugas kita melakukan antisipasi,"ungkapnya.

Sementara itu, salah seorang warga yang melintas dijembatan tersebut Abdullah (53) mengatakan, akibat dari ambruknya jembatan membuat masyarakat terisolasi dan sulit mengangkut hasil bumi untuk dibawa ke Meulaboh.

Sayangnya, meski sudah lama rubuh dan terancam ambruk hingga saat ini belum ada perhatian dari Pemerintah Kabupaten setempat untuk memperbaikinya.

"Kami takut untuk melewati jembatan, untung ada pihak TNI yang membantu kami melintasi jembatan,"ujar Abdullah.

Menurutnya, sebelum  pihak TNI yang berjaga di jembatan, ia dan warga lainnya sering melarang anak-anak sekolah karena khawatir akan nyawa anak-anak yang melintasi jembatan, apalagi  saat musim hujan tiba.

Abdullah berharap kepada Pemkab setempat untuk  segera memperbaiki jembatan yang terancam tersebut.

"Harapan kami bisa segera diperbaiki dan kami bisa beraktivitas dengan lancar, karena jalur ini merupakan jalur utama bagi warga," harapnya.
|DARMANSYAH MUDA

Komentar

Loading...