Unduh Aplikasi

Jemaah Haji Kloter 1 Tiba di Aceh

Jemaah Haji Kloter 1 Tiba di Aceh
Foto: Net

BANDA ACEH - Sebanyak 392 jamaah haji Aceh yang tergabung dalam kloter pertama tiba di Aceh lewat Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda (SIM) Blang Bintang Aceh Besar, Selasa (3/9) sore.

392 jemaah yang tiba tersebut diantaranya, petugas 5 orang, TPHD 3 orang, jemaah asal Pidie Jaya 187 orang, Aceh Utara 100 orang, Pidie 59 orang dan Sabang 38 orang. Di Bandara SIM, jamaah disambut langsung Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh, Daud Pakeh.

"Jadwal sebelumnya pesawat take off pukul 03.50 WAS, namun bergeser ke 04.30 WAS. Menurut informasi yang kami terima keterlambatan dikarenakan padatnya kondisi bandara di Madinah," kata Daud Pakeh yang juga Ketua Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) BTJ 2019 dalam keterangannya.

Jamaah yang baru tiba ini menempuh perjalanan udara sekitar 8 jam, jemaah kloter pertama ini tiba di Aceh semuanya selamat.

"Kami oakan semua jemaah haji Aceh mendapat haji yang mabrur dan mabrurah," ujarnya.

Daud Pakeh berharap, pemulangan jamaah berjalan lancar sebagaimana dijadwalkan, jemaah ini selanjutnya akan menuju asrama untuk mengikuti pelepasan, pembagian paspor, pengambilan koper dan air zam zam.

Jamaah yang kembali pada hari ini berjumlah 392 orang, dari jumlah total yang berangkat 393 jemaah. Karena satu orang meninggal dunia di Arab Saudi, yakni almarhumah bernama Salmiyah binti Muhammad Daud (69 tahun) asal Pidie Jaya wafat di RSAS King Faisal, Syisyah Makkah.

Kakanwil menambahkan secara umum kondisi jemaah Haji Aceh dalam keadaan sehat, dan beberapa jemaah dirawat di RS Arab Saudi. Saat ini sudah 10 kloter tiba di Madinah, sebelum kembali ke tanah air mereka fokus ibadah Arbain dan juga ziarah ke sejumlah tempat bersejarah di Madinah.

"Dijadwalkan jamaah haji kloter 2 akan tiba besok, Rabu (4/9) pukul 06.40 WIB," tuturnya.

Turut hadir pada penyambutan jemaah haji di bandara tersebut, Kabag TU, H Saifuddin SE, Bupati Pidie Jaya Aiyub Abbas, Walikota Sabang Nazaruddin, Plt Kankemenag Pijay Ahmad Yani, Plt Kankemenag Sabang Zainuddin. Ikut serta salah seorang ulama Aceh Abu Usman Kuta Krueng.

Komentar

Loading...