Unduh Aplikasi

Jelang Vonis, Pendukung Darmili Padati Pengadilan Tipikor

Jelang Vonis, Pendukung Darmili Padati Pengadilan Tipikor
Petugas menjaga pintu masuk ruang sidang. Foto; AJNN/Tommy

BANDA ACEH - Mantan Bupati Simeulu, Darmili terdakwa kasus dugaan korupsi pada Perusahaan Daerah Kabupaten Simeulue (PDKS) akan menjalani sidang putusan. Belasan pendukung Darmili memadati Pengadilan Tipikor Banda Aceh, Jumat (20/12).

Dari pantauan, pendukung Darmili sudah tiba sejak pukul 15.30 WIB, massa mayoritas terdiri dari kaum ibu-ibu, remaja hingga orang dewasa. Terlihat juga mahasiswa dari UIN Ar-Raniry Banda Aceh turun hadir untuk melihat proses persidangan tersebut.

Sidang yang rencananya dimulai pukul 16.00 WIB, molor beberapa jam. Setiap pengunjung yang ingin masuk ke ruang sidang dibatasi. Sejumlah personel kepolisian berseragam lengkap juga berjaga-jaga di dalam ruang sidang.

Darmili sebelumnya dituntut hukuman penjara selama lima tahun penjara dan denda pidana sebesar Rp 200 juta subsider 6 bulan penjara karena terbukti secara sah meyakinkan menurut hukum melakukan tindak pidana korupsi melanggar pasal 12e Undang-undang Republik Indonesia nomor 20 tahun 2001 tentang perubahan atas Undang-undang nomor 31 tahun 1999 tentang tindak pidana korupsi.

Terdakwa juga diwajibkan membayar uang pengganti sebesar Rp3 miliar lebih. Jumlah tersebut selambat lambatnya harus dibayarkan ke negara satu bulan setelah putusan pengadilan memperoleh kekuatan hukum tetap.

 

IKLAN HPI
Gemas-Dinas pendidikan aceh

Komentar

Loading...