Unduh Aplikasi

Jelang Ramadan, DKP Aceh Melakukan BEREH Masjid di Aceh Tenggara

Jelang Ramadan, DKP Aceh Melakukan BEREH Masjid di Aceh Tenggara
Foto: IST.

ACEH TENGGARA - Pemerintah Aceh melaksanakan program "New Safari Ramadhan" dengan mengusung tema Gerakan BEREH (Bersih Rapi Estetika dan Hijau) Masjid dan GESID (Gerakan Vaksinasi Covid 19) Aceh di 54 Mesjid pada 23 kabupaten dan kota di Aceh. 

Hal yang sama juga dilakukan oleh Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Aceh. Kepala Dinas DKP Aceh, yang diwakili Kasubbag Hukum, Kepegawaian dan Umum, Masri Amin melakukan Koordinasi dan Gotong Royong dalam rangka persiapan jelang Safari Ramadhan 1442 H Pemerintah Aceh di wilayah Aceh Tenggara,  khususnya Masjid Al-Mukmin, Desa Terutung Payung Hilir, Kecamatan Bambel, Aceh Tenggara.

Rapat koordinasi dilakukan DKP Aceh dengan Mitra Sukses bertempat di Aula Kecamatan Bambel pada hari Sabtu (10/4/2021) bersama Camat dan jajarannya, Pimpinan SMA 1 Bambel, Puskesmas Biak Muli,  Pengulu (Geuchik) dari Lima Kute (Desa) Kawasan Terutung Payung, Imam,  Babinkantibmas dan Babinsa.

Sementara itu gerakan BEREH Masjidnya sendiri dilakukan secara bersamaan dengan mitra sukses serta Remaja Masjid Al-Mukmin pada Hari Minggu (11/04/2021).

“Masjid harus bersih dan suci, agar nyaman untuk digunakan oleh warga. Harapannya jamaah khusyuk dalam menjalankan ibadah kepada Allah SWT sepanjang bulan Ramadhan dan bulan lainnya" demikan arahan Gubernur Aceh yang disampaikan Sekda, demikian dikutip Masri disela-sela kegiatan tersebut kepada AJNN.

Selanjutnya Masri menjelaskan, bahwa  kegiatan ini berbeda pola dengan kegiatan Ramadhan sebelumnya.

“Dalam rangkaian safari Ramadhan 1442 H kali ini, setiap SKPA diminta untuk ikut bersama-sama dengan mitra sukses yang telah ditentukan - untuk membersihkan masjid, melakukan penghijauan, menata taman, dan membuat lingkungan masjid indah dipandang mata,” terang Masri.

Pada kesempatan tersebut, DKP Aceh turut berpartisipasi dengan memberikan peralatan dan perlengkapan guna mendukung suksesnya kegiatan BEREH Masjid. Sesuai dengan petunjuk teknis kegiatan,  bahwa Safari Ramadhan Pemerintah Aceh dilaksanakan pada hari kelima Ramadhan (17/4/21). 

"DKP Aceh akan kembali ke Masjid Al-Mukmin melakukan Safari Ramadhan dengan membawa penceramah dari Provinsi Aceh, rombongan dipimpin langsung oleh Pak Aliman selaku Kepala DKP Aceh," lungkas Masri Amin.

Sementara itu, Imam Masjid Al-Ikhlas, Tgk Asaluddin Pinim didampingi Penghulu Kute Terutung Payung Hilir, Zaini Rahman Syah mengapresiasi Gerakan BEREH Masjid yang diinisiasi Pemerintah Aceh ini.

"Sebuah kehormatan dan kebanggaan bagi kami bahwa ada perhatian terkait kebersihan Masjid kami oleh Pemerintah Aceh, untuk itu Kami atas nama jamaah dan warga mengucapkan terima kasih kepada Gubernur Aceh dan Sekda" ujar Tgk Asaluddin Pinim.

Untuk informasi, bahwa Masjid Al-Mukmin saat ini sedang dilakukan pembangunan gedung baru yang lebih luas  disisi barat masjid lama. Masjid lama disamping telah mengalami kerusakan karena termakan usia, juga daya tampung yang terbatas. 

Masjid Al-Mukmin merupakan masjid bersama dari lima desa yaitu, Terutung Payung Hilir, Terutung Payung Hulu, Terutung Payung Gabungan, Tualang Sembilar dan Tembilakh Baru.

Komentar

Loading...