Unduh Aplikasi

Jelang Ramadan, Polres Lhokseumawe Tertibkan Balap Liar dan Knalpot Blong

Jelang Ramadan, Polres Lhokseumawe Tertibkan Balap Liar dan Knalpot Blong
Kapolres Lhokseumawe, AKBP Eko Hartanto (Kiri) dan Dandim 0103 Aceh Utara, Letkol Arm Oke Kistiyanto (Kanan). Foto: AJNN/Sarina.

LHOKSEUMAWE - Kepolisian Resor (Polres) Lhokseumawe  gencar menertibkan balapan liar dan kendaraan roda dua yang menggunakan knalpot blong di wilayah hukum setempat. Hal itu dilakukan guna menjaga gangguan keamanan menjelang bulan suci Ramadhan 1442 Hijrian yang jatuh pada Selasa (13/4) esok.

“Terkait dengan balapan liar dan knalpot blong kita gencar menertibkan, agar pelaksanaan ibadah bisa berjalan lancar dan aman,” kata Kapolres Lhokseumawe, AKBP Eko Hartanto, usai melaksanakan apel pasukan Keselamatan Seulawah 2021, Senin (12/4).

Lanjut Eko, untuk target, pihaknya akan bertindak secara preventif, terkait keamanan dan ketertiban arus lalu-lintas di Kota Lhokseumawe dan Kabupaten Aceh Utara. Mengingat masih banyak masyarakat yang belum mematuhi aturan yang ada.

“Masih banyak masyarakat yang melawan arus, menerobos lampu merah. Dan itu sangat membahayakan bagi keselamatan penggunakan jalan lain, karena itulah perlu dilakukan penindakan,” tuturnya.

Kapolres menambahkan, pihaknya juga akan melakukan hunting bagi pengguna jalan, yang melanggar aturan lalu lintas. Selain itu, juga di lokasi yang kerap terjadi kerawanan, yakni di Jalan Banda Aceh-Medan.

“Perlu diketahui, jumlah kecelakaan lalu lintas di tahun 2019 sebanyak 4.233 kasus, sedangkan 2020 sebanyak 3.347 kasus,” ungkapnya.

Menurut Kapolres, angka tersebut terjadi penurunan sebesar 21 persen, dan hal ini diharapkan jangan berpuas diri, karena sekarang yang paling diharapkan yakni zero accident, untuk menekan adanya korban meninggal dunia, maupun luka-luka.

“Dari latar belakang tersebut, tujuan operasi ini adalah untuk meningkatkan kepatuhan dan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas, serta menurunkan angka pelanggaran,” imbuhnya.

Idul Fitri - Disdik
Idul Fitri - BPKA
Idul Fitri - ESDM Aceh
Idul Fitri - Disbudpar
Idul Fitri- Gubernur Aceh

Komentar

Loading...