Unduh Aplikasi

Jelang Pilkada, Parlok Diharapkan Perbaiki Kinerja

Jelang Pilkada, Parlok Diharapkan Perbaiki Kinerja
BANDA ACEH – Menjelang pemilihan kepala daerah 2017 mendatang, partai politik (parpol) lokal di Aceh diharapkan memperbaiki kinerja mereka, khususnya pada isu kebijakan publik. Hal itu disampaikan Dosen Ilmu Politik Univeristas Hasanuddin Makassar, Andi Ahmad Yani usai mengisi kuliah umum di Aula FISIP Unysiah, Rabu (16/3).

Andi Ahmad Yani menilai, orang-orang yang didorong oleh partai lokal itu harus memperhatikan isu yang lebih spesifik seperti isu kesehatan, pendidikan, lapangan kerja, dan infrastruktur.

“Kalau partai lokal meninggalkan konstituennya, itu menjadi bomerang bagi mereka. Karena partai lokal tidak ada bedanya dengan partai nasional, ini yang juga terjadi dimana-mana. Makanya penting bagi partai lokal untuk memperbaiki kaderisasinya,” pesan Andi saat diwawancarai AJNN.

Hal itu dikatakan Andi berdasarkan pengamatannya dari hasil pemilihan umum pada 2004 silam. Masyarakat awalnya percaya dengan partai lokal, karena partai lokal ini diharapkan memberikan sesuatu yang beda dengan partai nasional. Tetapi, katanya, hasil pemilu 2014 lalu, suara partai lokal ini jeblok.

“Secara tidak langsung memperlihat bahwa ras percaya masyarakat terhadap partai lokal itu menurun. Ini menjadi cerminan para aktivis partai lokal untuk memperbaiki kinerja mereka khususnya ke isu-isu kebijakan publik apa yang harus mereka dorong dalam pilkada nanti,” ujarnya.

Komentar

Loading...