Unduh Aplikasi

Jelang Lebaran Harga Sembako di Pijay Normal

Jelang Lebaran Harga Sembako di Pijay Normal
Pedagang kaki lima di Pasar Meureudu. Foto: AJNN/Muksalmina

PIDIE JAYA - Harga sembako menjelang lebaran Idul Fitri 1442 Hijriah/2021 masehi di Kabupaten Pidie Jaya secara keseluruhan terpantau masih berada pada harga normal.

Pantauan AJNN di Kecamatan Meureudu, Rabu (5/5), harga sembako seperti beras, minyak goreng dan kebutuhan pokok lainya masih dijual dengan harga yang sama seperti harga-harga sebelumnya. Kendati mengalami kenaikan, tetapi tidak signifikan. 

Harga buah dan sayur seperti bawang merah lokal dijual Rp 30 ribu per kilogram (kg), cabai merah Rp 30 ribu per kg, tomat Rp 7.000 – 8.000 per kg.

Kemudian minyak goreng 2 liter Rp 31 ribu, telur satu papan Rp 40 ribu, tepung Rp 12 ribu, gula Rp 14 ribu dan sirup Rp 20 ribu.

“Untuk saat ini hargnya tidak naik sama seperti sebelumnya, tapi dalam beberapa hari lagi bisa jadi naik jika barang dari luar tidak masuk. Saat ini yang saya jual adalah bawang dan cabai lokal dari Kabupaten Pidie,” kata salah seorang pedagang di Pasar Meureudu.

Sedangkan harga beras menurut kualitasnya dijual mulai Rp 155 ribu hingga Rp 170 ribu. Sementara telur dijual lebih mahal dari sebelumnya.

Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi (Disperindagkop) Pidie Jaya, M Nasir mengatakan, secara keseluruhan harga sembako di pasar dalam Kabupaten Pidie Jaya masih normal.

Katanya, seperti minyak goreng, telur dan sirup terjadi kenaikan harga, tetapi masih pada harga yang wajar.

“Pantauan kami sejak tiga hari yang lalu, harga dan stok sembako di pasaran masih normal dan aman sampai lebaran. Sirup dan minyak goreng yang sedikit naik harganya, naiknya Rp 1.000 dalam satu kilo. Hanya telur yang naik lebih mahal sedikit, dari harga sebelumnya Rp 35 ribu per ikat, saat ini dijual rp 38 ribu per ikat. Akan tetapi, harga sembako secara keseluruhan di Pidie Jaya masih berada pada harga yang wajar,” kata Nasir melalui sambungan seluler.

Untuk menekan harga bahan yang naik tersebut, hari ini, lanjut dia, Pihaknya mengadakan pasar murah di dua lokasi berbeda, yakni di Kecamatan Trienggadeng dan Kecamatan Jangkabuya.

“Untuk menekan harga sembako yang naik itu, kami mengadakan pasar murah, untuk hari ini di Jangkabuya dan Trienggadeng, untuk besok di Kecamatan Meureudu dan Kecamatan Bandar Dua,” pungkasnya.

Idul Fitri - Disdik
Idul Fitri - BPKA
Idul Fitri - ESDM Aceh
Idul Fitri - Disbudpar
Idul Fitri- Gubernur Aceh

Komentar

Loading...