Unduh Aplikasi

INTERMESO

Jejak Pindad di Rumah Sayid

Jejak Pindad di Rumah Sayid
Ilustrasi: healtline

AKSI teror di kediaman pribadi Kepala Unit Layanan Pelelangan Aceh, Sayid Azhary, benar-benar biadab. Meski tak menimbulkan korban jiwa, tindakan ini adalah salah satu aksi paling tidak manusiawi yang pernah terjadi terhadap warga sipil di Aceh usai perjanjian damai.

“Pelakunya benar-benar menebar teror. Tidak hanya terhadap keluarga korban. Teror ini juga menimbulkan ketakutan di masyarakat,” kata Bang Awee saat kami berbincang singkat, kemarin malam.

Tidak tanggung-tanggung, pelaku melemparkan dua granat ke rumah Sayid. Hanya satu granat yang meledak. Namun ledakan itu cukup untuk menghancurkan beberapa bagian rumah dan nyali pemilik. Apalagi, aksi itu terjadi saat istri, anak dan mertua Sayid berada di dalam rumah.

Bang Awee menduga pelaku adalah orang suruhan. Aktornya adalah orang yang merasa kecewa terhadap Sayid. Tentu saja terkait lelang proyek yang dilaksanakan di bawah kendali Sayid. Tapi terkait hal ini, Bang Awee hanya bisa menduga-duga.

Tentu saja, kata Bang Awee, kejadian ini harus diusut tuntas oleh aparat penegak hukum. Apalagi, diduga pelaku menggunakan senjata yang diproduksi oleh PT Pindad. Tentu tak semua orang bisa membeli senjata di Pindad, tidak seperti di Shoopee atau Tokopedia.

“Jadi, sebenarnya tidak sulit. Pemilik senjata ini bisa ditelusuri. Apalagi senjata ini sepertinya diproduksi oleh Pindad,” kata Bang Awee.

Menurut Bang Awee, tindakan mencelakakan orang lain ini harus dihentikan. Kalaupun ada yang merasa tidak puas dengan keputusan ULP, pihak tersebut harus menggunakan instrumen hukum.

Kalau setiap orang yang kalah lantas merasa berhak meneror pemimpin ULP, besar kemungkinan Pemerintah Aceh tidak akan memiliki sosok yang bersedia menjalankan tanggung jawab ini. Karena yang terancam tidak hanya nyawa yang bersangkutan, mereka yang berada di sekitar sosok tersebut juga ikut terancam.

“Jangan sampai kondisi di Aceh seperti saat-saat konflik dulu. Tapi aku yakin, kepolisian akan bertindak cepat dalam mengungkapkan kasus ini. Apalagi, kepolisian mendapatkan dukungan dari banyak pihak. Mulai dari masyarakat biasa seperti kita-kita ini hingga anggota dewan di Senayan,” kata Bang Awee.

Komentar

Loading...