Unduh Aplikasi

Jasa Medis di Pinere Capai Rp 6 Juta Per Orang , RSUDCND Tetap Kesulitan Dapat Petugas Medis

Jasa Medis di Pinere Capai Rp 6 Juta Per Orang , RSUDCND Tetap Kesulitan Dapat Petugas Medis
Ilustrasi. Foto: AJNN/Sarina

ACEH BARAT - Manajemen Rumah Sakit Umum Daerah Cut Nyak Dhien (RSUDCND) Meulaboh mengaku kesulitan mencari dokter dan tenaga medis yang bersedia ditempatkan di ruang Penyakit Infeksius New Emerging dan Reemerging (Pinere) di rumah sakit itu. Meski jasa medis yang ditawarkan mencapai Rp 6 juta.

Padahal manajemen rumah sakit tersebut bersedia membayar jasa medis dengan upah tinggi bagi tenaga medis yang bersedia ditempatkan di ruang tersebut.

Direktur RSUDCND Meulaboh, dr. Putri Fathiyah, SpB mengatakan dari puluhan dokter dan ratusan tenaga medis hanya beberapa yang bersedia untuk ditempatkan di Pinere.

"Padahal untuk bertugas di sana, kita berikan 6 juta bagi dokter umum, empat juta bagi perawat. Untuk cleaning service dua juta begitu juga dengan satpam dan ambulans masing-masing dua juta," kata dr. putri Fathiyah, SpB saat mengikuti Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan komisi IV, DPRK Aceh Barat kemarin.

Dikatakan Putri, dari ratusan tenaga medis dan dokter di sana, hanya ada dua puluh petugas yang bersedia berutagas di Pinere setelah dibuka pendaftaran, dan dari jumlah tersebut, kata dia, ada beberapa tenaga honorer yang sebelumnya di-PHK memasukkan pendaftaran.

Putri menjelaskan jika dirinya memberikan perhatian khusus bagi tenaga mendis yang bertugas di sana. Sebab, kata dia, mereka yang bertugas disana merupakan petugas kusus yang butuh dukungan.

"Bahkan mereka yang bertugas di sana sudah kita bayarkan tunjangan jasa medisnya, dengan uang kita di rumah sakit dari klaim BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial-red) Kesehatan bulan April, agar mereka bersemangat," ungkapnya.

Bahkan, kata dia, pembayaran jasa bagi para petugas medis di Pinere sempat menuai protes dari petugas lainnya pada saat itu, karena dianggap membedakan tenaga medis di rumah sakit itu.

Namun kata Putri, kepada petugas medis lainnya para petugas medis di Pinere membutuhkan perhatian khusus, dan jika ada petugas yang ingin cepat mendapatkan jasa dengan nilai tinggi maka Putri menawarkan untuk ikut bergabung di Pinere, namun tetap mereka menolaknya.

"Saat kita berikan jasa khusus kepada mereka yang di Pinere kita sempat menadapat protes. Tapi saya bilang kalau mau cepat dapat yang bergabunglah di Pinere. Tapi tidak ada juga yang bersedia," ujarnya.

Selain menyediakan jasa medis mencapai Rp 6 juta, petugas medis di Pinere juga disediakan rumah isolasi khusus yang berada di Desa Ujong Beurasok.

Komentar

Loading...