Unduh Aplikasi

Januari 2021, Aceh Siap Sekolah Tatap Muka di Tengah Covid-19

Januari 2021, Aceh Siap Sekolah Tatap Muka di Tengah Covid-19
Foto: Ist

BANDA ACEH - Kepala Dinas Pendidikan Aceh, Rachmad Fitri memastikan provinsi paling ujung Sumatera sudah siap melaksanakan belajar tatap muka awal Januari 2021 semua jenjang pendidikan.

Sejak awal Oktober 2020 lalu, Rachmad Fitri mengaku sudah mengevaluasi seluruh sekolah, terutama tingkat Sekolah Menengah Atas dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMA-SMK) untuk kesiapan menghadapi belajar tatap muka.

Seluruh sekolah di Aceh, sebutnya, sudah mempersiapkan protokol kesehatan (prokes) pencegahan penularan Coid-19, sesuai dengan intruksi Badan Kesehatan Dunia (WHO) dan Surat Keputusan Bersama (SKB) Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Menteri Agama (Menag), Menteri Kesehatan (Menkes), dan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran pada Semester Genap Tahun Ajaran dan Tahun Akademik 2020/2021 di Masa Pandemi Covid-19.

“Sejak awak kita sudah siap dengan kondisi apapun. Apa lagi kita sudah membentuk Satgas Covid-19 di sekolah yang memantau perkembangan sekolah tatap muka nantinya,” kata Rachmad Fitri.

Rachmad menyebutkan, apa lagi berdasarkan SKB tiga menteri awal Januari 2021 mendatang semua zona sudah diizinkan belajar tatap muka. Apa lagi pengambilan kebijakan layak atau tidak belajar tatap muka diberikan kewenangan penuh kepada pemerintah daerah.

Sebelumnya, sebutnya lagi, hanya diizinkan belajar tatap muka bila masuk zona hijau. Tetapi setelah ada instruksi SKB 3 menteri, semua zona diberikan izin untuk belajar tatap muka. Terlebih Pemerintah Aceh sejak awal Oktober 2020 sudah memastikan semua sekolah sudah siap belajar tatap muka.

Menurutnya penting untuk segera dilakukan belajar tatap muka. Pasalnya ada siswa dan guru hingga sekarang belum saling bertemu dan bertatap muka. Ia mencontohkan, siswa yang baru tamat SMP kemudian melanjutkan ke tingkat SMA sederajat, belum sekalipun bertemua secara langsung, karena selama ini hanya belajar daring sejak awal masuk sekolah.

“Sebenanya semua ingin sekali belajar tatap muka, bahkan kalau bisa sekarang terus belajar tatap muka,” ungkapnya.

Komentar

Loading...