Unduh Aplikasi

Jangan Terbuai Predikat Elok

Jangan Terbuai Predikat Elok
Ilustrasi: pinterest.

PEMERINTAH daerah, entah itu kabupaten, kota, atau provinsi, hendaknya tidak terlalu sumringah saat menerima predikat wajar tanpa pengecualian dari Badan Pemeriksa Keuangan. Ini hanyalah salah satu dari banyak item yang harus dipenuhi dalam mengelola uang rakyat yang dititipkan kepada pemerintah.

Sering kali, kabar tentang seremoni penyerahan LHP ini lebih besar ketimbang dampak keuangan yang dirasakan oleh rakyat. Dan ini terjadi akibat kesalahan dalam sistem penganggaran.

Dari awal, banyak anggaran yang dibuat hanya tanpa tujuan yang jelas. Bahkan anggaran daerah sering kali dibagi berdasarkan selera penguasa. Tarik menarik kepentingan antara eksekutif dan legislatif saat menentukan anggaran menjadi sebuah permasalahan yang kerap dilakukan dengan mengabaikan hak-hak masyarakat.

Kondisi ini semakin buruk saat banyak instansi vertikal, terutama yang berkaitan dengan penegakan hukum, mendapatkan bantuan dari pemerintah untuk membangun hal-hal yang jauh dari keperluan masyarakat.

Predikat WTP yang diperoleh bukan tak penting. Status ini sebenarnya menjadi satu langkah kecil dalam upaya pemerintah menyelenggaran pemerintahan yang bersih. BPK, misalnya, memberikan hal ini untuk memotivasi pemerintah daerah agar lebih baik dalam mengelola keuangan daerah.

Di era modern, akuntabilitas pemerintah dalam mengelola keuangan sangat penting. Ini adalah dasar tumbuhnya kepercayaan masyarakat terhadap penyelenggara pemerintah. Secara luas, hal ini akan berdampak pada partisipasi masyarakat dalam proses pembangunan.

Yang tak elok itu adalah saat predikat ini dijadikan tujuan utama. Alhasil, penyelenggara pemerintahan akan mencoba segala hal untuk mendapatkan predikat ini, termasuk dengan menyuap.

Karena yang diinginkan rakyat saat ini adalah keseriusan pemerintah mengangkan sejumlah kesulitan yang kini menghimpit. Mulai dari regulasi hingga ketepatan alokasi anggaran daerah sebagai instrumen penting penggerak roda perekonomian.

Jadi, setelah menerima penghargaan, kerja keras pemerintah daerah selanjutnya adalah mempertahankan predikat itu dan membuat program-program yang berdampak langsung bagi peningkatan ekonomi masyarakat. 

Komentar

Loading...