Unduh Aplikasi

Jangan Telat Tak Selamat

Jangan Telat Tak Selamat
Ilustrasi: arthewall

RENCANA Badan Reintegrasi Aceh dan Pemerintah Aceh untuk memberikan tanah kepada bekas kombatan Gerakan Aceh Merdeka dan korban konflik harus benar-benar dilakukan dengan hati-hati. Jangan sampai, ajang ini malah menjadikan mereka korban ketidakbecusan para penyelenggara bantuan.

Masalah bagi-bagi lahan ini harusnya menjadi perhatian sejak awal penandatanganan damai Aceh. Namun baru kali ini terlihat upaya serius dari banyak pihak yang terlibat dalam pelaksanaan perdamaian.

Hal ini memang perlu disyukuri. Mudah-mudahan, meski telat, hal ini bisa membantu para keluarga kombatan dan korban konflik untuk memperbaiki kualitas hidup mereka.

Karena itu, satuan pelaksana badan itu, yang bertugas untuk memverifikasi, bekerja sesuai amanah. Bukan menjadikan lembaga ini alat untuk mendapatkan keuntungan pribadi.

Dalam urusan pemberdayaan ekonomi, misalnya, tim tak boleh hanya memberikan “alat pancing”. Para penerima juga harus banyak hal. Mulai dari “memasang alat”, menemukan “lubuk ikan”, hingga mengemas “ikan tangkapan” menjadi produk yang menarik dan bernilai lebih.

Tim harus melibatkan para ahli yang mampu mengajarkan para penerima untuk membuat produk secara mandiri. Dengan demikian, mereka akan mendapatkan manfaat dari salah satu poin penting dalam butir perjanjian damai Pemerintah Indonesia dan Gerakan Aceh Merdeka.

Tim dan pemerintah juga jangan terlalu kaku dalam mengambil keputusan. Meski hal itu tidak menjadi alasan untuk tidak bertindak tegas atas klaim-klaim bodong sebagai korban konflik atau bekas kombatan.

Belajar dari banyak bencana di Aceh, harusnya tim bisa bekerja maksimal. Jangan sampai kesempatan tersisa untuk para korban konflik dan bekas kombatan terbuang sia-sia hanya karena manajemen tim yang tak jelas.

Satu lagi yang tak boleh dilupakan adalah urusan pengusutan pelanggaran hak asasi manusia. Mudah-mudahan, dengan selesainya dua urusan ini, perdamaian di Aceh benar-benar mengakar dan memberikan manfaat bagi anak cucu kita.

iPustakaAceh

Komentar

Loading...