Unduh Aplikasi

Jangan Takut Bikin Kapok

Jangan Takut Bikin Kapok
Ilustrasi: thimthumb.

DIREKTORAT Reserse Kriminal Khusus Kepolisian Daerah Aceh harus bersikap proaktif dalam mengusut kasus dugaan korupsi dana beasiswa Pemerintah Aceh. Termasuk dalam mencari hasil perhitungan kerugian keuangan negara dari Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan. 

Kerja keras kepolisian ini akan sangat menentukan penegakan hukum terhadap dugaan korupsi yang bikin banyak orang menggeleng-gelengkan kepala. Bagaimana tidak, uang yang seharusnya menjadi instrumen untuk meningkatkan sumber daya manusia Aceh malah dijarah. 

Polda Aceh telah memanggil enam anggota Dewan Perwakilan Rakyat Aceh yang saat ini masih menjabat atas dugaan keterlibatan mereka dalam pengucuran dana beasiswa pada periode yang sebelumnya. Inisial mereka adalah AA, AM, HY, IUA, YH dan ZF.  

Penyidik juga memanggil 16 orang bekas anggota DPR Aceh dan 400 penerima bantuan dana pendidikan anggaran Pemerintah Aceh senilai Rp 22,3 miliar itu. Dua di antaranya belum penuhi panggilan. Yang satu sakit dan seorang lainnya sakit berat sehingga tak bisa dimintai keterangan. 

Kepala BPKP Aceh, Indra Khaira Jaya, juga harus membuktikan bahwa lembaganya benar-benar berkomitmen dalam membantu Aceh mewujudkan kesejahteraan, terutama lewat penyelenggaraan negara yang bebas dari praktik korupsi. Yakni dengan bekerja cepat membantu kepolisian dalam menentukan kerugian negara. 

Polda Aceh dan BPKP Aceh tak perlu ragu dalam bertindak. Tidak seharusnya, dalam urusan sepenting penyaluran beasiswa ini, ada pihak yang dilindungi dan diberikan kesempatan untuk berkelit dari jerat hukum. 

Semua pihak, pemberi beasiswa, entah itu anggota dewan atau dinas terkait, serta penerima, juga harus mempertanggungjawabkan alasan mereka mau berlaku korup. Para penerima mungkin cukup diberikan peringatan atau hukuman yang ringan sebagai peringatan agar mereka tidak memberikan celah terhadap praktik laknat ini. 

Sementara untuk anggota dewan dan unsur pemerintah yang diduga terlibat, kepolisian jangan ragu untuk menjerat mereka dengan hukuman yang berat. Sementara yang terus mangkir dari panggilan, sikat saja. Biar kapok. 

Komentar

Loading...