Unduh Aplikasi

Jangan Latah Potong Jatah

Jangan Latah Potong Jatah
Ilustrasi: childline

MEWABAHNYA virus corona membawa berjuta masalah. Tapi hendaknya, pemerintah daerah tidak mengambil kebiijakan latah yang kontra produktif dengan upaya untuk tetap menggerakkan sumbu perekonomian di Aceh.

Beberapa daerah di luar Aceh telah mewacanakan hal ini. Satu di antaranya adalah Jawa Barat. Gubernur setempat mengatakan akan memotong gajinya dan aparatur sipil di Pemerintah Provinsi Jawa Barat empat bulan ke depan.

Ridwan Kamil, nama Gubernur Jawa Barat, mengatakan langkah ini dilakukan untuk mengurangi beban masyarakat yang tidak mampu selama menghadapi masa-masa tak menentu di tengah pandemi corona. Dia mewacanakan langkah satu keluarga mampu menopang dua keluarga tak mampu.

Di saat-saat sulit seperti ini, tentu kita berharap agar seluruh anggota masyarakat memberikan perhatian kepada waga di sekitarnya. Jangan sampai, mandeknya perputaran uang membuat masyarakat yang berpenghasilan pas-pasan kesulitan.

Namun mewajibkan pemotongan itu adalah sebuah kesalahan. Apalagi banyak aparatur sipil negara yang juga merasakan langsung dampak pandemi corona ini. Harusnya, pegawai golongan menegah ke bawah mendapatkan insentif agar mereka tetap dapat membantu orang-orang di sekitar mereka bertahan.

Di Aceh, beberapa daerah mulai mengetatkan ikat pinggang. Mereka mengalihkan anggaran yang tidak mendesak untuk penanganan corona dan dampaknya. Di Aceh Utara, misalnya, pemerintah kabupaten menghapus seluruh anggaran perjalanan dinas sebesar hampir Rp 10 miliar.

Pemerintah Aceh dan Dewan Perwakilan Rakyat Aceh juga membatalkan seluruh paket pengadaan dan mengalihkan anggaran tersedia di tahun ini untuk membantu penanganan corona. Ada banyak cara untuk menggenjot daya beli masyarakat selama masa pandemi ini, tidak dengan memotong gaji pegawai.

Pemerintah di semua level pemerintahan hendaknya jangan terlalu bersemangat saat berhadapan dengan urusan uang. Di saat-saat sulit seperti ini, yang harus dibangun adalah upaya untuk mendorong perekonomian tetap berjalan baik dan seluruh kebutuhan pokok tercukupi.

Kepala daerah juga perlu mengeluarkan surat kepada bank daerah agar memberikan relaksasi pembayaran kredit. Ini adalah langkah yang perlu dilakukan untuk tetap menjaga daya beli di masyarakat. Gaji pegawai adalah salah satu instrumen yang menggerakkan perekonomian Aceh. Jangan pula latah dan ikut-ikutan memotong “jatah” aparatur sipil negara.

IKLAN HPI
Gemas-Dinas pendidikan aceh

Komentar

Loading...