Unduh Aplikasi

Jangan KKR Senasib UUPA

Jangan KKR Senasib UUPA
Ilustrasi: getty images.

PENDIDIKAN memegang kunci penting untuk menjaga keberlangsungan perdamaian di Aceh. Namun Pemerintah Aceh juga harus mendorong proses rekonsiliasi terhadap orang-orang yang merasakan pedihnya peperangan tersebut. 

Salah satunya adalah para korban tragedi di Simpang Kertas Kraf Aceh (KKA). 22 tahun berselang, keluarga korban masih mendatangi tugu untuk mengingat kejadian yang menyebabkan trauma mendalam bagi para penyintas dan keluarga korban. 

Rekonsiliasi itu bukan mengorek luka lama. Karena memang luka itu belum sembuh dan jika terus dibiarkan, hal itu akan lebih sulit disembuhkan. Waktu memang menjadi pengobat, namun upaya serius dari pihak-pihak yang kini memegang kekuasaan untuk menghadirkan rasa keadilan itu adalah hal utama. 

Peristiwa simpang KKA itu bermula dari kekerasan aparat TNI pada Senin, 3 Mei 1999. Sekitar pukul 12.30 WIB, di sebuah persimpangan jalan menuju ke pabrik PT Kertas Kraf Aceh, di Desa Paloh Lada, Kecamatan Dewantara, Aceh Utara, sekelompok pasukan militer menembaki warga yang sedang berunjuk rasa memprotes insiden beberapa hari sebelumnya. 

Peristiwa ini mengakibatkan 21 orang meninggal dunia dan puluhan orang lainnya mengalami luka-luka. Pada 26 Juni 2016 lalu, Komnas HAM telah selesai melakukan penyelidikan projustisia dan dinyatakan adanya dugaan Pelanggaran HAM berat. Namun hingga saat ini, para pelaku tak juga diungkap dan diadili. 

Hingga saat ini, Kejaksaan Agung berulang kali menggunakan yang dibuat-buat untuk mengulur waktu penyelesaian. Di sisi lain, peran Komisi Kebenaran dan Rekonsiliasi Aceh juga dipertahankan untuk tetap kerdil. 

Upaya KKR kerap terhambat permasalahan anggaran dan legitimasi pemerintah. Tentu saja ini harus jadi perhatian jika perintah benar-benar ingin menghadirkan keadilan di Aceh. 

Aceh pernah membuat kesalahan besar saat lalai mengawal implementasi Undang-Undang Pemerintah Aceh di awal-awal aturan itu dibuat. Saat semangat dan ingatan masih segar, aturan-aturan yang menegaskan kekhususan Aceh dianggap enteng hingga saat ini UUPA tak dianggap penting. Jangan sampai urusan rekonsiliasi ini pun bernasib sama. 

Idul Fitri - Disdik
Idul Fitri - BPKA
Idul Fitri - ESDM Aceh
Idul Fitri - Disbudpar
Idul Fitri- Gubernur Aceh

Komentar

Loading...