Unduh Aplikasi

Jangan Daerah Mencari Kilah

Jangan Daerah Mencari Kilah
Ilustrasi: fortnite intel

PENANGANAN penyebaran corona dan pengendalian dampaknya terhadap masyarakat harus benar-benar menjadi prioritas. Karena itu, pemerintah daerah hendaknya benar-benar menggunakan instrumen anggaran yang tersedia di tahun ini hal tersebut.

Karenanya, permintaan Pelaksana Tugas Gubernur Aceh Nova Iriansyah kepada bupati dan wali kota di seluruh Aceh untuk menghentikan pelaksanaan seluruh kegiatan yang bersumber dari Dana Otonomi Khusus Aceh harus diindahkan.

Pemerintah daerah diminta untuk menyesuaikan target pendapatan daerah dan merasionalisasi belanja daerah. Anggaran yang tersedia hendaknya digunakan untuk menangani pandemi dan menjaga daya beli masyarakat, terutama kalangan menengah ke bawah.

Walau pahit, kita harus menyadari bahwa negara gagal mengadang laju penyebaran corona di awal-awal merebaknya virus ini. Harusnya, pemerintah pusat segera menutup akses masuk dari luar negeri dan memeriksa secara cermat setiap warga negara Indonesia yang baru bepergian dari luar negeri.

Sejumlah kebijakan untuk mempersiapkan tenaga dan alat-alat medis juga telat diputuskan. Alhasil, hingga kini banyak daerah yang mengeluhkan kekurangan alat pelindung diri untuk para petugas medis yang berhadapan, face to face, dengan mereka yang diduga atau telah dinyatakan positif menderita covid-19.

Dari sisi kebijakan ekonomi, pemerintah pusat juga terbukti gagap. Sejumlah keputusan yang penting malah dibuat mengambang. Keinginan pemerintah daerah untuk menanggulangi penyebaran virus ini lebih luas malah ditentang.

Sejumlah kekurangan ini hendaknya tidak dicontoh. Pemerintah daerah, dengan segala sumber daya yang dimiliki, hendaknya bisa menggunakan “isi kantong” untuk menjamin virus tidak menyebar luas dan masyarakat menengah dan kecil tidak kesulitan mengakses kebutuhan mereka.

Pemerintah daerah harus memahami bahwa prioritas saat ini adalah urusan kesehatan dan pemenuhan kebutuhan pokok rakyat. Pemerintah daerah perlu menyusun ulang prioritas anggaran untuk menangani covid-19. Jangan cari-cari alasan. Apalagi mengabaikan ancaman besar di balik penyebaran virus ini.

Komentar

Loading...