Unduh Aplikasi

Jangan Biarkan Atribut GAM Disalahgunakan

Jangan Biarkan Atribut GAM Disalahgunakan
Bendera Bulan Bintang. Foto: Wen Genali

LANGKAH kepolisian dan TNI mencegah penggunaan atribut Gerakan Aceh Merdeka harus diapresiasi. Ini adalah langkah tepat untuk memastikan tidak adalah penyalahgunaan atribut di masyarakat.

Bukan rahasia jika atribut GAM kerap digunakan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab untuk menakut-nakuti masyarakat. Terutama di daerah-daerah pedalaman Aceh yang jauh dari hiruk pikuk media massa dan media sosial.

Nama GAM sebagai wadah pejuang Aceh dalam kerap juga dibawa-bawa oleh orang tidak bertanggung jawab untuk memalak masyarakat, pejabat atau perusahaan-perusahaan yang beroperasi di Aceh demi keuntungan pribadi. Baik secara langsung ataupun lewat saluran telepon.

Hal ini jelas bertentangan dengan tujuan perjuangan GAM yang kini diserahkan sepenuhnya kepada Pemerintah Aceh dan Dewan Perwakilan Rakyat Aceh. Para pejuang GAM juga memiliki Komite Peralihan Aceh sebagai salah satu wadah perjuangan selanjutnya.

Aparat juga harus diapresiasi atas upaya mereka “mengingatkan” masyarakat yang masih berkeinginan menggunakan lambang dan simbol ini dengan cara-cara yang persuasif. Karena selama ini, banyak masyarakat yang tidak paham tentang aturan penggunaan simbol-simbol tersebut.

Ini juga menjadi pendidikan masyarakat agar dapat berpikir terbuka dan menaati aturan. Dengan menghentikan penyalahgunaan bendera GAM, artinya seluruh elemen di Aceh benar-benar menghargai simbol itu sebagai bagian dari sejarah perjuangan para pejuang Aceh. Baik yang telah tiada, atau mereka yang saat ini mengalihkan perjuangan ke jalur politik.

Memastikan Pemilihan Kepala Daerah Aceh 2017 terlaksana aman dan damai, bebas dari intimidasi, adalah sebuah keharusan. Karena jalan ini adalah cara yang disepakati untuk menentukan nasib Aceh, lima tahun yang akan datang. Jangan biarkan oknum-oknum itu merusaknya, apalagi menggunakan simbol-simbol perjuangan.

Komentar

Loading...