Unduh Aplikasi

Jangan Berhenti di Sini

Jangan Berhenti di Sini
ilustrasi.

IRWANDI Yusuf memang top deh. Lihat saja, boleh didaftar berapa orang gubernur di dunia ini yang bisa menerbangkan pesawat. Yang paling keren mungkin Arnold Schwarzenegger. Tapi aktor Terminator ini hanya mengemudikan truk Unimox produksi Mercedes Benz atau memodifikasi ban Hammer H1-nya. Tidak menerbangkan pesawat.

Di awal masa pertama menjabat, saat memenangkan Pemilihan Kepala Daerah Aceh langsung pertama kali dalam sejarah Indonesia bersama Muhammad Nazar, Irwandi tampil beda dengan memilih kendaraan dinas resmi sebuah Rubicon hijau produksi Jeep.

Pria ini juga tipe yang menikmati kendaraan. Sering kali tanpa pengawalan yang kerap memekakkan telinga dan merepotkan pengendara lain. Dia sendiri yang mengemudikan kendaraan-kendaraannya. Rubicon atau Toyota RAV4.

Syahdan, sejumlah mahasiswa berdemo menuntut berjumpa dengan dia hanya bisa berteriak-teriak di depan gerbang. Sementara Irwandi masuk dengan tenang di dalam RAV4 hitamnya tanpa diketahui oleh mahasiswa yang marah-marah.

Dan kini, dia berencana menyaring ulang jumlah guru. Hanya guru yang benar-benar layak yang dipekerjakan. Ini berarti, akan ada pengurangan jumlah guru. Dia juga berencana memangkas jumlah pegawai honorer, bakti atau kontrak. Apalagi, banyak dari mereka yang tak layak dan hanya membebani anggaran daerah. Dalam hitung-hitungan ringannya, ini akan menghemat pengeluaran.

Tentu saja ini akan berdampak luas. Tapi hendaknya pemerintah juga segera memberikan solusi. Terutama saat angkatan kerja harus berhadapan dengan beratnya mencari pekerjaan yang layak di Aceh. Alasan yang menjadikan pegawai negeri sebagai pekerjaan favorit di negeri ujung barat Sumatera ini.

Irwandi juga harus memastikan seluruh bawahannya, terutama kepala-kepala dinas dan badan, memahami ide ini. Kalau hanya berharap Irwandi, atau Nova, saja, tentu sulit. Jangan sampai, ide-ide ini malah kandas karena bertentangan dengan kehendak “kaki-tangan” yang terganggu dengan kebijakan-kebijakan ini.

Komentar

Loading...