Unduh Aplikasi

Jangan Berhenti di Dua Tersangka

Jangan Berhenti di Dua Tersangka
Ilustrasi

PENANGKAPAN dua tersangka penembak alat berat milik sebuah perusahaan yang beroperasi di lahan PT Medco harus dibarengi dengan pengungkapan seutuhnya motif di balik tindakan itu. Termasuk juga mengungkapkan asal muasal senjata api yang digunakan para pelaku untuk menebar teror di Aceh.

Karena para peneror itu tentu tidak bergerak sendirian. Mereka memiliki jaringan yang terkait erat dengan peredaran senjata api di Aceh. Kejadian ini tentu tak bisa dilepaskan dari kejahatan bersenjata lainnya yang terjadi di Aceh.

Upaya para pelaku ini dapat merusak stabilitas keamanan yang dibangun susah payah pasca-perdamaian antara Gerakan Aceh Merdeka dan Pemerintah Indonesia di Helsinki, Swedia. Tanpa stabilitas keamanan, tak akan mungkin Aceh mampu membangun karena orang akan sulit untuk berusaha di daerah ini.

Polisi tak boleh hanya sekadar mengungkap kasus dan kronologi. Polisi harus menggali lebih dalam kasus ini sehingga di masa mendatang, hal ini tidak akan terulang lagi.

Di lain pihak, perusahaan juga tak boleh menutup mata terhadap kemiskinan di sekitar daerah ini. Salah satunya adalah dengan terus memberdayakan masyarakat di sekitar.

Profesionalisme dalam bekerja memang menjadi hal penting. Namun setidaknya, perusahaan harus benar-benar memberikan porsi kepada penduduk lokal dan melakukan transfer pengetahuan.

Dengan demikian harmonisasi antara perusahaan dan masyarakat setempat tetap terjaga. Kita tak boleh melupakan sejarah, bahwa tuntutan merdeka dari para pejuang GAM berawal dari kesenjangan sosial antara penduduk lokal yang semakin miskin dan pendatang semakin makmur.

IKLAN HPI
Gemas-Dinas pendidikan aceh

Komentar

Loading...