Unduh Aplikasi

Jalan Tutut-Gempang Tertimbun Longsor, Sejumlah Kendaraan Terjebak

Jalan Tutut-Gempang Tertimbun Longsor, Sejumlah Kendaraan Terjebak
Masyarakat setempat mencoba menyingkirkan tanah dari badan jalan. Foto: Muklis
ACEH BARAT - Hujan lebat yang mulai membasahi tanah Aceh mulai meninggalkan dampak tak mengenakkan. Setelah sebagian kawasan pesisir barat-selatan mengalami banjir, di bagian tengah, hujan mulai menyebabkan longsor.

Salah satu yang mengalami dampaknya adalah ruas jalan Tutut-Gempang. Di Kecamatan Sungai Mas, tanah yang kering tak sanggup menahan volume hujan sejak lebat yang turun pukul 16.00 WIB - 23.30 WIB.

“Jalan yang tak bisa dilewati mencapai tiga desa. Sekitar 67,4 kilometer,” kata Komandan Kodim 0105 Letnan kolonel Inf Herry Riana Sukma, seperti dikutip Danramil O1/SM Sungai Mas Kapten Inf Mazwar AR, Selasa (22/3).

Tanah yang ambruk itu berada di tiga desa, yakni Desa Lancong, Desa Geudong dan Desa Kajeung. Titik longsor mencapai 9 lokasi. Sejumlah kendaraan umum dan pribadi terjebak di antara titik-titik longsor; maju kena-mundur kena. Sejak pukul 19.00 WIB, jalan itu dinyatakan tidak bisa dilewati karena tertutup lumpur dan tidak aman dilintasi.

Gabungan masyarakat dan TNI mencoba membersihkan jalanan menggunakan alat seadanya. Dan saat ini, sejumlah titik longsoran mulai dibersihkan. Ketiadaan alat berat membuat proses pembersihan jalan lebih sulit. Dan baru sekitar 9 kilometer jalan yang bisa dilintasi.

Warga menggunakan cangkul dan sekop untuk menyingkirkan tanah dari badan jalan. Mereka berharap, pemerintah segera menurunkan alat berat untuk membersihkan jalan.

Komentar

Loading...