Unduh Aplikasi

Jalan Baru Dibangun Rusak, Dewan Minta Kadis PUPR Panggil Kontraktor

Jalan Baru Dibangun Rusak, Dewan Minta Kadis PUPR Panggil Kontraktor
Lubang jalan di lintas Meulaboh-Tutut jadi tempat minum air kerbau. Foto: Ist

BANDA ACEH - Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA), Tarmizi SP mendesak Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Aceh harus segera memanggil kontraktor pembangunan jalan lintas Meulaboh-Tutut, Kecamatan Sungai Mas, Kabupaten Aceh Barat.

Pasalnya, jalan lintas penghubung dua kabupaten tersebut yakni Aceh Barat dan Pidie rusak sebelum waktunya. Dimana proyek ini baru selesai dikerjakan pada akhir Desember 2019 lalu, namun belum sampai dua bulan sudah hancur.

"Kami minta pemerintah Aceh dalam hal ini dinas PUPR, pak Fajri memanggil pihak rekanan menyelesaikan pekerjaan tersebut, walaupun kontrak sudah mati. Kami tidak mau tahu, itu harus selesai," kata Tarmizi kepada AJNN, Jumat (14/2).

Tarmizi mengatakan, masyarakat sangat besyukur ketika jalan itu diaspal kembali, Tetapi, sungguh disayangkan belum sampai sebulan sudah rusak kembali, bahkan mulai berlubang.

Kerusakan itu membuat masyarakat disana kecewa hingga akhirnya mulai melakukan protes, dan direspon dengan cara menambal lubang-lubang tersebut.

Baca: Tiga Bulan Usai Dibangun, Jalan Meulaboh-Tutut Rusak Parah

"Tapi, setelah ditambal itu dibiarkan sampai hari ini," ujarnya.

Tarmizi menuturkan, pembangunan jalan lintas ini diduga dikerjakan tidak sesuai spek, atau mungkin asal-asalan. Karena itu perusahaan pemegang proyek harus bertanggungjawab. Hal tersebut terbukti dengan adanya instruksi dinas untuk memperbaikinya.

"Kalau tidak, tidak mungkin ada instruksi dari pak Kadis PUPR kepada perusahaan untuk memperbaiki jalan itu," tutur putra asli Sungai Mas ini.

Selain itu, Tarmizi juga menemukan tidak terpasangnya papan pengumuman proyek, dari mana sumber, kontrak dan berapa anggarannya. Dan itu termasuk salah satu pelanggaran.

"Karena itu, perusahaan seperti itu kedepan harus di black list, jangan pakai lagi, karena kami maunya yang terbaik, dan saya akan awasi pekerjaan perusahaan tersebut," tandas Tarmizi.

Iklan Kriyad

Komentar

Loading...