Unduh Aplikasi

Jalan Jambak-Sikundo Longsor Akibat Erosi Sungai Meureubo

Jalan Jambak-Sikundo Longsor Akibat Erosi Sungai Meureubo
Penangananjalan Jambak-Sikundo. Foto: AJNN/Darmansyah Muda

ACEH BARAT - Badan jalan Jambak-Sikundo, Kecamatan Pante Ceureumen kembali terancam putus setelah erosi yang merusak tebing sungai Meureubo di daerah Sikundo.

Amblasnya tebing sungai itu membuat ruas jalan Jambak- Sikundo amblas ke sungai sepanjang 25 meter.

Kerusakan badan jalan tersebut terjadi akibat luapan air sungai, yang menyebabkan terjadinya erosi, membuat sebagian badan jalan amblas.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Aceh Barat, Kurdi mengatakan, saat ini pihaknya sedang melakukan penanganan atas longsor badan jalan tersebut.

"Terjadi longsor didaerah Jambak-Sikundo. Saat ini PUPR sudah melakukan penanganan secara darurat dengan cara melakukan normalisasi sungai untuk mengurangi derasnya arus," kata Kadis PUPR Aceh Barat, Kurdi.

Dikatakan Kurdi, setelah dilakukan normalisasi juga akan dibangun bronjong pengarah arus, untuk mengarah arus di bagian depan dari jalan sisi seberang sungai.

Kurdi menambahkan, apabila nantinya tekanan air berkurang akan dimulai pemasangan bronjong. Ia menjelaskan dalam penanganan badan jalan yang longsor tersebut pihaknya telah melakukan koordinasi dengan pemilik tanah untuk melakukan pelebaran jalan daerah itu dengan memotong tebing.

"Kita berharap dengan dilakukan penanganan badan jalan yang longsor itu dapat segera dilalui oleh mobil," ujarnya.

Dijelaskannya, jalan sepanjang 25 meter yang longsor tersebut berada sekitar seratus meter dari jarak badan jalan Jambak-Sikundo yang amblas sebelumnya.

Gemas-Dinas pendidikan aceh

Komentar

Loading...