Unduh Aplikasi

Jalan Gayo Lues-Abdya Mulai Dikerjakan, DPRK Gayo Lues Apresiasi Pemerintah Aceh

Jalan Gayo Lues-Abdya Mulai Dikerjakan, DPRK Gayo Lues Apresiasi Pemerintah Aceh
Said Ahmad (Partai Aceh) bersama M.El Amin (NasDem). Foto: IST.

GAYO LUES - Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten (DPRK) Gayo Lues, Said Ahmad  memberikan apresiasi kepada pemerintah Aceh karena telah menganggarkan dana yang sangat besar untuk membangun jalan lintas Gayo Lues - Babah Roet, Abdya melalui program (Proyek) Multi years.

"Terima kasih banyak kepada pemerintah Aceh dan DPRA yang telah menganggarkan dana yang sangat besar untuk peningkatan jalan lintas Gayo Lues - Babah Roet, Abdya," ujar Said Ahmad, anggota DPRK Gayo Lues Dari Partai Aceh, Selasa (2/2) di Blang Kejeren .

Saat ini beberapa titik lokasi sudah mulai dikerjakan oleh kontraktor. titik tersebut menurut Said di daerah Berawang Tasik sekuwelen, Simpang Akul Ketukah dan Bukit Berhut. Selain itu lokasi yang berada di Tongra Burtipis juga sudah mulai dikerjakan.

"Dari Abdya juga udah mulai di kerjakan In Sya Allah Allah dalam waktu dekat ini pihak rekanan udh membawa alat berat," ujar Said Ahmad didampingi M.El Amin dari NasDem.

Dari data AJNN, peningkatan Jalan batas Gayo Lues - Babah Roet Abdya dikerjakanoleh  PT Delta Batarajasa konstruksi-PT Kenpura Alam Nanggroe, KSO dengan pengawas dari PPT Parama karya Mandiri KSO-PT Aritha Tehnik Persada dengan anggaran RP117.801.900.000,-.

Proyek ini sudah dimulai dari tanggal 23 Desember 2020 dan direncanakan selesai pada 14 Desember 2022.

Baca: DPRK Galus: Ruas Jalan Blangkejeren - Abdya Urat Nadi Perekonomian Masyarakat

Sebagaimana diketahui, pemerintah Aceh melalui proyek Multi Years membangun 11 ruas jalan diseluruh provinsi aceh. Salah Satu ruas jalan yang akan perbaiki adalah jalur Blangkjren - Tongra - Batas Aceh Barat Daya (Abdya), sepanjang 90,15 kilometer dan ruas jalan Babah Rot - Batas Gayo Lues, sepanjang 27,57 kilometer. Kedua ruas jalan ini mempunyai panjang total 117,72 kilometer. Jalan ini akan menghubungkan lintas tengah Aceh, dan kawasan Barat selatan.

Sebelumnya Said Ahmad juga memberikan respon positif terkait proyek Multi Years tersebut. Saat itu, Said Ahmad menyebutkan bahwa perekonomian masyarakat Gayo Lues terutama yang berada di kawasan ini akan meningkatkan jika jalan tersebut benar - benar diperbaiki.

"Jalan mulai dari Blang Kejeren menuju Kuta Panjang, Blang Jeurango, Trangon adalah jalan yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat. Jalan ini merupakan urat nadi perekonomian masyarakat Gayo Lues. Ruas jalan ini menghubungkan langsung kabupaten Gayo Lues dengan Abdya," ujar Said Ahmad melalui sambungan telepon, Rabu (26/2/2020) dari Blang Kejeren, Gayo Lues.

Politisi Partai Aceh tersebut mengatakan kalau masyarakat di sana lebih mudah menjual hasil pertanian ke wilayah Abdya dan sejumlah wilayah Barat Selatan Aceh (Barsela) lainnya. Selain itu, jalur lalu lintas menuju ibukota provinsi Aceh, lebih dekat melalui jalan ini.

Pria yang merupakan anggota Fraksi Gayo Peduli di DPRK Gayo Lues tersebut menyampaikan bahwa perbaikan dan pembangunan jalan di kawasan ini benar-benar sangat dibutuhkan, jalan ini sering rusak terutama di kawasan Trangon dan Tongra, selain itu beberapa titik yang berdekatan dengan Abdya juga sering rusak.

"Apabila semua ini bisa segera ditangani dengan baik dan serius, maka jalur transportasi dari Blangkejeren menuju Abdya akan baik dan lancar," ujar Said menjadi anggota DPRK dari Daerah Pemilihan (Dapil) II, yang meliputi Trangon, Tripe Jaya, Kuta panjang dan Blang Jeurango.

Pemkab Bener Meriah _Ramadhan

Komentar

Loading...